17 Souvenir Liburan Khas Bali yang Wajib Dibeli

Jalan-jalan ke suatu tempat wisata kurang lengkap kalau tidak membeli souvenir. Benda-benda yang menjadi kekhasan dari tempat tersebut seolah-olah merupakan barang yang harus dibeli. Souvenir ini akan menjadi saksi bahwa kita pernah berkunjung ke tempat tersebut. Dari souvenir ini pula kita bisa mengenang kembali pengalaman liburan yang sangat menyenangkan bersama dengan orang-orang tercinta. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat anggaran tersendiri untuk keperluan membeli souvenir liburan ini.

Kami yakin Anda pasti merasa senang sekali karena dalam waktu dekat akan berliburan ke Pulau Bali. Pesona Pulau Dewata ini memang sungguh indah dan otentik. Bahkan gaungnya pun sudah menyebar ke seluruh jagat raya. Pulau Bali menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Bumi. Pesona alamnya yang begitu indah berpadu dengan adat istiadat yang menarik dan ragam objek wisata yang siap menghibur para turis yang datang. Anda pasti tidak akan pernah merasa bosan berlibur ke pulau ini meskipun sudah beberapa kali.

souvenir-liburan-khas-bali.jpg

Kalau Anda kebetulan liburan di Pulau Bali, jangan lupa membeli souvenir-souvenir yang khas berikut ini ya!

  1. Kopi kintamani adalah kopi khas Provinsi Bali. Kopi ini diklaim sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Rasa kopi ini lebih asam dan memiliki aroma buah. Anda harus membelinya minimal satu bungkus di toko oleh-oleh setempat.
  2. Kerajinan perak yang dibuat di Desa Celuk, Bali sudah tersohor hingga ke luar negeri berkat kualitas dan keindahan seninya. Anda bisa menemukan perhiasan, peralatan dapur, dan ornamen dekorasi dari perak di sini.
  3. Pie susu merupakan camilan khas Bali yang menggunakan fla susu sebagai topping utamanya. Rasa pie ini lembut di tegah dan legit. Di samping rasa yang original, saat ini juga sudah tersedia beragam varian rasa pie susu seperti cokelat, keju, dan kismis.
  4. Kacang disko kedengarannya unik sekali ya. Jajanan ini dibuat dari kacang tanah yang dibalut adonan tepung berbumbu, lalu digoreng sampai kering. Kacang disko memiliki cita rasa gurih, pedas, manis, dan lain-lain.
  5. Pia legong mempunyai kekhasan pada kemasannya yang selalu dihiasi gambar penari legong. Sampai saat ini, proses pembuatan pia legong masih dilakukan secara tradisional. Ada 3 pilihan rasa yang tersedia yaitu cokelat, keju, dan kacang hijau.
  6. Bali home spa adalah set produk kecantikan khas Bali. Dengan produk ini, Anda dapat melakukan terapi spa sendiri di rumah. Banyak sekali produk bali home spa yang bisa Anda beli. Tinggal Anda yang menentukan mana produk yang paling sesuai.
  7. Manik-manik dari Bali bisa Anda bawa pulang untuk dijadikan sebagai souvenir liburan. Tidak hanya perhiasan seperti kalung atau gelang, ada banyak produk unik lain yang dibuat dari manik-manik ini. Misalnya dompet, tas, patung, miniatur, dan sebagainya.
  8. Joger selalu identik dengan keindahan Pulau Bali. Bisa dibilang Anda belum sah ke Bali kalau tidak membeli joger. Joger merupakan kaos oblong yang didesain secara nyentrik memakai kata-kata lucu, sindiran, motivasi, slogan, dan lain-lain.
  9. Baju barong mempunyai ciri khas pada penggunaan warna-warni yang mencolok serta cenderung berani. Tidak lupa gambar barong selalu menghiasi di bagian depan atau belakang baju. Inilah yang menyebabkan baju barong tampak unik.
  10. Batik Bali tidak kalah indahnya dengan batik asal Pekalongan maupun Yogyakarta. Batik ini memiliki ciri khas pada penggunaan motif tradisional dan modern yang dipadukan secara apik. Silakan beli batik bali ini di pasar tradisional.
  11. Kain bali umumnya terbuat dari bahan rayon. Disebut kain bali karena memang kain ini Cuma ada di Provinsi Bali. Bentuknya berupa selembar kain yang mempunyai motif menarik. Anda bisa menggunakannya sebagai rok pantai, syal, atau selimut.
  12. Kacang asin asal Bali juga terkenal sekali akan kelezatannya. Kacang ini terasa begitu nikmat apalagi jika dimakan di tepi pantai menikmati keindahan laut. Kacang ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa sedikit asin dominan gurih.
  13. Kacang matahari memiliki rasa yang enak, gurih, dan renyah. Kacang ini begitu khas sehingga paling sering diburu oleh para wisatawan. Kacang ini banyak tersedia di pusat oleh-oleh, penjual kaki lima, dan pasar tradisional di Bali.
  14. Topeng dengan berbagai karakter banyak tersedia di Bali. Semuanya tampak unik dan begitu khas karena memang dibuat oleh para pengrajin setempat. Belilah topeng khas Bali ini sebagai buah kenangan dari perjalanan Anda yang menyenangkan.
  15. Salak Bali yang berjenis gula pasir menjadi salah satu incaran wisatawan. Salak ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur daging yang tidak terlalu tebal. Namun justru dari situlah yang menyebabkan Anda tidak bosan-bosannya memakan salak ini.
  16. Kacang kapri ini mempunyai warna hijau tua dan rasanya sangat gurih. Bentuk kacang ini bulat-bulat sebagaimana kacang kapri pada umumnya. Setelah dibumbui, kacang lantas digoreng atau dipanggang sampai garing.
  17. Topi adat yang biasa dipakai oleh Umat Hindu di Bali saat bersembahyang juga sering diburu oleh wisatawan karena tertarik dengan bentuknya. Topi ini tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Sehingga Anda wajib membelinya kalau liburan ke Bali.