17 Souvenir Asli Jepang yang Paling Menarik di Hati

Siapa pun pasti setuju kalau Jepang merupakan salah satu negara yang paling kreatif di dunia. Tak hanya soal kemajuan teknologi dan persenjataannya saja, tapi Jepang juga mempunyai sumber daya manusia yang kreatif sekali. Begitu pula dengan pilihan tempat wisata yang terdapat di sini begitu beragam, tidak melulu objek wisata berupa panorama alam. Kalau pergi ke Jepang sih, Anda tidak boleh melewatkan acara berburu souvenir. Mengapa? Sebab Jepang mempunyai banyak sekali koleksi barang-barang unik yang pantas Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kira-kira souvenir seperti apa yang bisa Anda dapatkan saat berada di Jepang ya?

Yukata

yukata-souvenir-asli-jepang.jpg

Kalau Anda pergi ke Jepang, wajib banget deh pokoknya membeli yang namanya yukata. Yukata itu merupakan pakaian tradisional Negeri Jepang. Pakaian ini mempunyai pesonanya tersendiri. Yukata mampu membuat penampilan Anda nampak begitu imut dan menggemaskan. Jangan lupa juga untuk membeli geta alias sepatu khas sebagai pelengkapnya ya.

Kendama

kendama-souvenir-asli-jepang.jpg

Kendama ialah alat permainan tradisional khas Jepang. Alat permainan ini terdiri atas bola yang diikat menggunakan benang ke sebuah string dari kayu. Cara memainkannya yaitu Anda harus melontarkan bola ke atas, lalu menangkan bola yang jatuh dengan string kayu tersebut. Yakin deh Anda yang hobi menonton anime pasti sering melihatnya.

Omamori

Omamori dapat disebut sebagai jimat khas Jepang. Masyarakat di sini memang sangat percaya dengan keberuntungan dan kesialan. Salah satu cara untuk meningkatkan keberuntungan yaitu membawa omamori. Beberapa omamori kini dibuat dengan desain yang menarik untuk menarik minat para wisatawan agar membelinya. Cocok deh buat hiasan ruangan.

Tenugui

tenugui-souvenir-asli-jepang.jpg

Apa itu tenugui? Tenugui adalah handuk tangan khas Jepang. Handuk ini terbuat dari kain katun  yang tipis. Walaupun sejatinya dibuat untuk menyeka tangan dan mengelap berbagai barang, tapi masyarakat Jepang juga sering mengenakannya sebagai ikat kepala. Kain tenugui biasanya memiliki ukuran sekitar 35-90 cm sesuai peruntukkannya.

Makanan Tiruan

Rumah makan Padang selalu menampilkan daftar makanan-makanannya di bagian depan untuk menarik minat pengunjung. Makanan tersebut benar-benar asli. Rupaya rumah makan di Jepang juga memiliki kebiasaan yang serupa. Tapi mereka memakai makanan tiruan yang terbuat dari plastik. Karena peminat makanan palsu ini begitu banyak, kini Anda juga bisa membelinya.

Makanan Ringan

makanan-souvenir-asli-jepang.jpg

Kalau Anda tidak suka membeli makanan palsu karena memang tidak bisa dimakan, coba belilah makanan ringan khas Jepang. Kami yakin Anda tidak akan bingung untuk bisa menemukan menu makanan yang unik dan menarik di sini. Karena Jepang merupakan salah satu surganya jajanan jalanan di dunia. Hampir semua street food di Jepang ini patut Anda coba.

Permen

permen-souvenir-asli-jepang.jpg

Jangan lupa juga untuk nyobain permen kalau Anda sedang berada di Jepang. Di sini Anda dapat menjumpai beraneka-macam permen yang memiliki rasa berbeda-beda. Bukan hanya permen dengan rasa manis saja, tetapi juga ada permen yang mempunyai rasa rempah-rempah, cokelat, penganan tradisional, buah-buahan lokal, dan sebagainya.

Alat Tulis Tradisional

Bukan hanya Negara Arab saja yang mempunyai kesenian kaligrafi, tetapi negara-negara di Asia Timur juga memilikinya. Termasuk Jepang juga mempunyai seni kaligrafi khasnya sendiri yang menggunakan aksara kanji sebagai ornamen utamanya. Daripada membeli kaligrafi tersebut, sepertinya lebih menarik kalau kita membawa pulang alat-alat tulis tradisional Jepang ini.

Boneka Kucing

Jepang merupakan salah satu negara yang mempunyai hasrat dan kecintaan yang begitu tinggi terhadap kucing. Masyarakat di sini hobi sekali memelihara kucing. Begitu pula dengan ornamen dan patung yang berbentuk kucing, mereka sangat menyukainya. Bahkan di Jepang, Anda juga bisa menemukan berbagai boneka kucing yang lucu dan unik banget loh.

Kipas Lipat

kipas-souvenir-asli-jepang.jpg

Negara-negara di Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China memang mempunyai kipas lipat sebagai salah satu khasanah budayanya. Tapi di Jepang, Anda bisa menjumpai produk kipas lipat yang dibuat secara khusus menggunakan kain tradisional. Kipas tersebut nampak begitu menarik dan memukau sehingga layak dijadikan oleh-oleh ketika Anda bertandang ke sini.

Aksesori Rambut

aksesori-souvenir-asli-jepang.jpg

Jepang juga merupakan gudangnya aksesori rambut. Bagi Anda yang suka mengenakan aksesori rambut untuk mendukung penampilan diri, jangan lupa berburu aksesori-aksesori tersebut ya. Tak hanya menarik, model aksesori rambut yang bisa Anda temukan di Jepang juga sangat unik. Dijamin deh Anda bakal menambah banyak lagi koleksi aksesori rambut di rumah.

Miniatur Kereta Api

miniatur-souvenir-asli-jepang.jpg

Kami yakin bahwa Anda juga sudah mengetahui kalau masyarakat Jepang menggunakan kereta api sebagai alat transportasi utamanya. Jepang mempunyai sistem perkeretaan yang sangat modern sehingga masyarakatnya pun lebih memilih memakai kereta daripada alat transporasi lainnya. Belum lagi teknologi kereta yang ada di sini sudah begitu maju. Setelah mencoba kereta di Jepang, jangan lupa membeli miniatur kereta apinya ya!

Keramik

Bagi para kolektor keramik nih, Anda bisa memperkaya koleksi keramik Anda di rumah dengan berburu keramik-keramik yang unik, menarik, atau langka saat berada di Negeri Jepang. Keramik memang menjadi peralatan makan yang utama di sini. Masyarakatnya biasa memakai peralatan dari keramik ketimbang yang lain. Seingga perabotan dari keramik dijual secara bebas di pasar-pasar. Silakan Anda bisa memburunya yang paling berkesan di hati.

Sumpit

Sebagai pelengkap dari piring atau mangkuk keramik yang Anda beli di Jepang, Anda juga harus membeli sumpit. Di Jepang, sumpit yang tersedia memiliki pilihan yang beragam. Maklum saja karena masyarakat lokal memang lebih senang menggunakan sumpit daripada sendok, garpu, atau pisau. Belilah produk sumpit yang unik seperti sumpit yang terbuat dari bahan stainless steel atau sumpit yang dihiasi dengan ukiran-ukiran.

Alat Elektronik

robot-souvenir-asli-jepang.jpg

Anda juga bisa menemukan berbagai produk elektronik dengan mudah saat berada di Jepang. Ya walaupun harga rata-rata produk elektronik di sini lebih mahal daripada di Indonesia, tapi Anda dapat menjumpai produk berinovasi tinggi yang belum pernah ada di Indonesia. Misalnya nih robot pembantu pekerjaan rumah tangga yang bisa Anda beli secara bebas di sini.

Perhiasan

perhiasan-souvenir-asli-jepang.jpg

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari perhiasan di tubuh, wajib banget deh membeli perhiasan saat pergi ke Jepang. Sebenarnya sih Jepang tidak hanya mempunyai koleksi perhiasan mewah yang terbuat dari emas, mutiara, atau berlian saja ya. Namun ada pula produk-produk perhiasan unik yang terbuat dari material yang tidak biasa. Contohnya gelang dari akar, kulit, atau biji tumbuh-tumbuhan.

Gantungan Kunci

gantungan-kunci-souvenir-asli-jepang.jpg

Souvenir berupa gantungan kunci selalu tersedia di berbagai objek wisata di seluruh belahan dunia. Maklum saja, meskipun harganya murah, tetapi gantungan kunci mampu meninggalkan kesan yang mendalam. Sehingga tidak mengherankan, beberapa orang hobi mengumpulkan gantungan kunci yang dibelinya dari berbagai tempat yang pernah dia beli. Kalau Anda mau membeli gantungan kunci di Jepang, pilihlah model yang paling otentik ya.