16 Oleh-oleh Khas Bali yang Paling Kekinian Buat Kamu

Pulau Bali merupakan pulau sejuta pesona. Tak hanya tempat wisatanya saja, keramahan warganya dan pemandangan lingkungannya benar-benar mampu memukau mata. Sehingga Bali tidak pernah terasa membosankan untuk dikunjungi lagi dan lagi. Pulau Bali juga memiliki ragam souvenir yang senantiasa membuat kita tertarik untuk membelinya. Keanekaragaman souvenir mulai dari kerajinan tradisional, makanan khas, serta berbagai produk modern dapat Anda temukan di sini.

Jika kali ini merupakan perjalanan wisata Anda yang kesekian kalinya ke Pulau Bali sehingga Anda ingin mencari souvenir-souvenir kekinian sebagai oleh-oleh, cobalah rekomendasi Souveniria di bawah ini!

Permen Kopyos

permen-kopyos-oleh-oleh-bali.jpg

Bali mempunyai permen khas yang disebut permen kopyos. Asalnya permen ini dari Kota Singaraja. Permen kopyos adalah permen tradisional yang terbuat dari gula, kopi, dan kelapa. Diperkirakan permen ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Permen kopyos memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur yang begitu lembut di mulut. Permen ini banyak dijual di Pasar Buleleng.

Sambal Matah

sambal-matah-oleh-oleh-bali.jpg

Indonesia memang surganya sambal. Setiap daerah hampir selalu memiliki sambal khas. Salah satunya Bali yang mempunyai sambal khas bernama sambal matah. Sambal ini terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, dan jeruk nipis yang disiram minyak panas. Rasanya agak pedas dan sangat menyegarkan di mulut. Paling cocok menikmati sambal matah bersama seafood.

Kaos Joger

kaos-joger-oleh-oleh-bali.jpg

Kaos joger adalah kaos khas Bali yang didesain dengan kata-kata unik, lucu, dan menggelitik. Kaos ini memiliki desain yang sangat kreatif. Tema kaos ini kurang lebih mirip seperti kaos djoger khas Jogja. Bagi Anda yang ingin membeli souvenir di Bali berupa produk yang anti-mainstream, maka kaos joger ini layak dipilih. Kaos ini akan membuat Anda tampil lebih berbeda dari biasanya.

Lulur

lulur-oleh-oleh-bali.jpg

Kalau Anda ke Pulau Bali, jangan lupa membeli produk kecantikannya. Mengapa? Tentu saja karena produk kecantikan di sini sudah dikenal sampai mancanegara. Kapan lagi Anda bisa menemukan produk berkualitas internasional di dalam negeri, ya kan? Terutama untuk lulurnya yang memang sangat bagus. Pilihannya juga ada banyak sekali. Mulai dari lulur tradisional sampai khas luar negeri.

Perhiasan Perak

perhiasan-perak-oleh-oleh-bali.jpg

Mau borong perhiasan tanpa menguras isi dompet Anda? Solusinya borong saja perhiasan-perhiasan perak di Bali. Tak hanya di Jogja, Anda juga bisa mendapatkan perhiasan perak dengan berbagai pilihan menarik di Bali loh. Dan pastinya harga perhiasan perak di sini murah meriah. Waduh, bagaimana nggak mau memborongnya ya? Silakan pilah-pilih perhiasan perak kesukaan Anda sepuasnya.

Pie Susu

pie-susu-oleh-oleh-bali.jpg

Pie susu ini merupakan pie khas dari Bali. Pie ini terbuat dari kulit tepung yang gurih dengan fla aneka rasa di tengah-tengahnya. Bentuknya bulat pipih. Rasanya tentu saja enak dan nikmat. Aromanya pun sedap dan sungguh menggoda selera. Beberapa variasi rasa pie susu yang terkenal di antaranya cokelat, keju, kacang, almond, dan kismis. Borong yang banyak ya!

Roti Ayam Betutu

roti-ayam-betutu-oleh-oleh-bali.jpg

Seperti kita tahu, ayam betutu adalah salah satu kuliner khas Bali yang sudah sangat terkenal seantero dunia. Kini Anda juga bisa merasakan nikmatnya sajian ayam betutu yang dipadukan dengan roti. Roti isi ayam betutu, membayangkannya saja sudah mampu membuat kita ingin mencobanya. Sungguh rasa roti ayam betutu ini pasti nikmat dengan dominasi rasa gurih dan pedas khas Bali.

Kopi Bali

kopi-bali-oleh-oleh-bali.jpg

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara penghasil kopi dengan kualitas terbaik di dunia. Ada cukup banyak kopi khas daerah-daerah di Indonesia. Misalnya yaitu kopi khas Bali. Kopi Bali termasuk kopi terbaik dari Indonesia. Kopi ini memiliki rasa dan aroma fruity yang cukup kuat. Sangat sayang kalau Anda ke Bali tetapi tidak membeli kopi bali ini.

Cokelat Bali

cokelat-bali-oleh-oleh-bali.jpg

Selain kopi, Bali juga mempunyai cokelat khas yang begitu terkenal. Cokelat ini mempunyai rasa yang sungguh nikmat. Bagi Anda yang mengaku sebagai pencitan cokelat wajib banget deh mencobanya. Produk cokelat di Bali umumnya berupa cokelat batangan ataupun cokelat bubuk yang dapat diseduh. Anda mesti mencoba cokelat ini.

Pia

pia-oleh-oleh-bali.jpg

Di Bali, Anda pun dapat menemukan jajanan tradisional pia. Bahkan pia khas Bali ini sudah melegenda di kalangan wisatawan. Tak lengkap kalau ke Bali tidak pulang membawa pia. Pia di Bali mempunyai variasi rasa yang beranekaragam. Selain rasa original yaitu kacang hijau, ada pula pia rasa cokelat, keju, kacang merah, dan durian. Pia khas Bali mempunyai kulit yang renyah dan super crispy.

Kacang Asin

kacang-oleh-oleh-bali.jpg

Kacang asin dinamakan sesuai rasanya yang asin dan gurih. Rasa bawang putihnya sungguh terasa yang membuat kacang asin ini terasa nikmat sekali. Konon kabarnya kacang asin menggunakan kacan tanah impor sehingga ukuran biji-bijinya lebih besar dari kacang tanah lokal. Tekstur kacangnya tidak terlalu keras, tapi renyah saat dimakan. Saking lezatnya, Anda tak akan berhenti terus memakannya.

Kacang Disko

kacang-disko-oleh-oleh-bali.jpg

Hah, kacang disko? Iya, kacang disko terbuat dari kacang tanah yang dibungkus tepung berbumbu, lalu digoreng. Kacang disko ini sudah pasti mempunyai rasa yang begitu lezat dengan dominasi rasa gurih dari bawang dan telur. Selain rasa original, ada pula kacang disko dengan rasa ekstra pedas, barbeque, dan udang. Bagi penyuka kacang, cocok sekali membawa pulang kacang disko ini.

Kacang Bumbu

kacang-pedas-oleh-oleh-bali.jpg

Satu lagi olahan kacang khas Bali yang sedang tren saat ini menyusul ketenaran makanan-makanan yang rasanya pedas. Namanya yaitu kacang bumbu. Penganan ini terbuat dari kacang yang dibumbui saus karamel dan saus pedas. Perpaduan antara rasa gurih, manis, dan pedas langsung mengena di lidah. Anda pasti bakal langsung suka dengan jajanan yang satu ini.

Salak Gula Pasir

salak-gula-pasir-oleh-oleh-bali.jpg

Salak gula pasir merupakan buah salak khas Bali. Sekilas salak ini mirip sepeda salak pondoh dari Jawa Barat. Dinamakan sebagai salak gula pasir karena rasanya sangat manis dan warna daging buahnya putih bersih seperti gula pasir. Salak gula pasir juga mempunyai aroma khas yang wangi menyerupai madu. Sehingga salak ini juga kerap disebut salak madu.

Brem Cair

brem-cair-oleh-oleh-bali.jpg

Brem cair merupakan produk minuman yang terbuat dari brem. Sebelumnya kami ingatkan minuman ini mengandung alkohol. Brem cair ibaratnya seperti wine tradisional khas Bali. Brem cair mempunyai rasa manis agak asam. Warnanya merah dan mengandung kadar alkohol sekitar 3-10 persen. Umumnya brem cair terbuat dari fermentasi beras ketan hitam ataupun beras ketan putih.

Hatten Wines

hatten-wines-oleh-oleh-bali.jpg

Apa itu hatten wines? Hatten wines adalah produk wines khas Bali. Proses produksi wine ini sepenuhnya dilakukan di Bali. Berkat kualitasnya yang benar-benar tinggi, Hatten Wines bahkan sudah tembus ke pasar internasional loh. Wine ini juga sudah sangat terkenal di kalangan para pencinta wine di dunia. Tapi tentu saja wine ini mengandung alkohol. Hatten Wines merupakan produk eksklusif yang cocok dihadiahkan kepada orang-orang yang istimewa.