15 Souvenir yang Khas Banget dari Kota Ambon Manise

Setiap daerah di Indonesia mempunyai pesona tersendiri baik dari panorama alam, tempat wisata, adat istiadat, kerajinan tangan, dan souvenir. Termasuk Kota Ambon yang merupakan ibukota dari Provinsi Maluku. Jalan-jalan ke Kota Ambon, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Suasananya berbeda sekali dengan kota-kota besar di Pulau Jawa. Bukan hanya objek wisatanya saja, beragam barang dan makanan dari Ambon pun tak kalah indah dan manis.

Mau tahu apa saja sih souvenir yang khas banget dari Kota Ambon? Kita cari tahu bersama-sama yuk!

Mutiara

mutiara-khas-ambon.jpg

Kota Ambon terletak di daerah pesisir. Maka tak heran, sebagian besar masyarakatnya mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan dan peternak ikan. Sebagian lagi ada pula yang membudidayakan tiram mutiara. Tentu hasil dari budidaya tiram ini yaitu butiran-butiran mutiara yang begitu indah. Ada dua jenis mutiara di sini yaitu mutiara air tawar dan mutiara air laut.

Kayu Putih

kayu-putih-khas-ambon.jpg

Pohon kayu putih tumbuh subur di dataran Kota Ambon. Pohon ini dimanfaatkan daunnya untuk dibuat menjadi minyak kayu putih. Prosesnya dilakukan melalui penyulingan. Ada banyak orang yang menjual minyak kayu putih di sini sehingga harganya pun relatif lebih murah. Bahkan ada pula loh produk olahan kayu putih yang bisa kita minum untuk mengatasi sakit perut. Unik sekali ya!

Kerajinan Kerang

kerajinan-kerang-khas-ambon.jpg

Tidak disangkal lagi kalau masyarakat Ambon memang begitu kreatif. Salah satunya bisa dibuktikan dari kelihaian masyarakat di sini dalam membuat kerajinan tangan dari cangkang kerang. Cangkan-cangkang karang ini disusun, dirangkai, dan ditempelkan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah kerajinan yang sangat menarik. Misalnya seperti cincin, kalung, gelang, tirai, bros, dan hiasan dinding.

Ikan Asar

ikan-asar-khas-ambon.jpg

Pada dasarnya, ikan asar merupakan ikan yang telah diasapi. Proses pengasapan ini membuat rasa dan aroma ikan menjadi begitu khas dan sangat lezat. Apalagi kalau dimasak menggunakan berbagai rempah khas dari Maluku. Dijamin mantap banget deh. Hidangan ikan asar paling cocok disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal. Anda pasti bakalan langsung ketagihan setelah mencobanya.

Ikan Kuah Pala

ikan-kuah-pala-khas-ambon.jpg

Pala memang menjadi rempah-rempah utama dari setiap kuliner khas Ambon. Anda juga bisa memasak ikan menggunakan bumbu pala ini. Coba bayangkan saja ikan yang segar dimasak memakai bumbu pala pasti akan melahirkan cita rasa yang sangat mantap. Sensasi rasanya juga begitu unik karena kita yang tinggal di pulau-pulau lainnya pasti jarang sekali menikmati hidangan ikan berbumbu pala ini.

Papeda

papeda-khas-ambon.jpg

Papeda adalah makanan pokok bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia bagian timur. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan air hangat, lalu diaduk sampai matangnya merata. Maka jadilah sebuah hidangan yang sekilas menyerupai lem, tapi sensasinya nikmat sekali. Papeda ini memiliki rasa yang hambar dan tekstur sangat kenyal. Biasanya papeda dimakan bersama masakan yang berkuah.

Kue Sagu

kue-sagu-khas-ambon.jpg

Kue sagu sendiri merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Ambon. Kue ini dibuat dari sari pati batang sagu. Secara tradisional, kue sagu ini dibuat dengan metode sangrai. Namun kini kue sagu juga ada yang dibuat melalui proses pemanggangan memakai oven. Selain memakannya bersama lauk pauk, Anda juga bisa menikmati kue ini dengan topping berupa selai, meses, cokelat, susu, dan lain-lain.

Kue Kenari

kue-kenari-khas-ambon.jpg

Salah satu kue kering khas Kota Ambon yang sangat terkenal yaitu kue kenari. Ini merupakan kue kering berbentuk lembaran-lembaran yang bertabur kacang kenari. Ada pula kue kering yang menggunakan campuran kacang kenari dan kacang almond. Karena memiliki daya tahan yang lama, kue ini cocok sekali dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Bahkan Anda bisa membawanya sampai ke Aceh sekalipun.

Ampas Terigu

ampas-terigu-khas-ambon.jpg

Ampas kok dijadikan oleh-oleh sih? Jangan salah sangka dulu ya. Istilah ampas ini sebenarnya hanya sebutannya saja kok. Ampas terigu merupakan roti khas Ambon yang terbuat dari tepung terigu. Roti ini biasanya dikonsumsi saat sore hari sebagai teman dalam meminum teh hangat. Umumnya roti ini dibuat dalam skala rumah. Campurannya antara lain bubuk kayu manis, gula merah, dan kelapa parut.

Kacang Kenari

kacang-kenari-khas-ambon.jpg

Kacang kenari juga banyak ditemukan di Kota Ambon. Pohon kenari memang banyak sekali tumbuh di kota ini. Sehingga tak heran kalau masyarakat lokal sudah biasa memanfaatkan buahnya. Kacang kenari di sini biasanya dijual kiloan. Selain kacang kenari mentah, ada pula berbagai makanan dan minuman olahan dari kacang kenari. Silakan Anda bisa membelinya sesuai selera.

Manisan Pala

manisan-pala-khas-ambon.jpg

Belum sah ke Ambon kalau belum membeli pala. Tahukah Anda kalau Bangsa Eropa datang menjajah negeri ini salah satunya karena tergiur dengan pala dari Maluku ini? Pala memang identik sekali dengan Maluku, termasuk Ambon. Selain pala mentah berupa rempah-rempah, tersedia pula aneka olahan pala seperti manisan pala dan asinan pala. Kapan lagi coba Anda mencicipi kenikmatan pala selain di Ambon?

Kopi Sibu-sibu

kopi-sibu-sibu-khas-ambon.jpg

Bagi Anda pencinta minuman kopi, wajib banget menikmati kopi sibu-sibu jikalau bertandang ke Kota Ambon. Kopi sibu-sibu adalah kopi khas dari Kota Ambon. Kopi ini menggunakan biji kopi robusta yang ditanam oleh petani lokal. Proses pengolahan biji kopinya pun masih sangat tradisional. Uniknya, bubuk kopi ini lantas dicampur bubuk kacang kenari dan bubuk cengkih. Maka jadilah kopi sibu-sibu yang unik.

Rujak Natsepa

rujak-natsepa-khas-ambon.jpg

Rujak natsepa banyak dijual di pantai-pantai yang ada di Kota Ambon. Rujak ini berisi buah-buahan segar yang dipotong-potong. Kemudian potongan-potongan buah segar ini dicampur dengan sambal gula yang manis, pedas, dan gurih. Sensasi menikmati hidangan rujak cuma bisa Anda dapatkan pada saat berada di Ambon. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Sambal Colo-colo

sambal-colo-colo-khas-ambon.jpg

Apa itu sambal colo-colo? Sambal colo-colo adalah sambal khas dari Ambon. Sekilas sambal ini mirip sekali dengan sambal matah. Cuma potongan bahan-bahan pelengkap sambal ini sengaja dibuat lebih besar dan kuahnya juga lebih banyak. Sambal colo-colo ini terbuat dari potongan-potongan cabai rawit, tomat muda, bawang merah, seledri, garam, dan air sari jeruk nipis. Rasanya dijamin pedas dan segar deh!

Nasi Lapola

nasi-lapola-khas-ambon.jpg

Sebagian masyarakat Kota Ambon juga mengonsumsi nasi di dalam kehidupannya sehari-hari. Salah satu olahan nasi khas Ambon yang begitu lezat yaitu nasi lapola. Nasi lapola terbuat dari nasi yang dimasak dengan kacang tolo, kelapa parut, dan garam. Sudah pasti rasanya begitu gurih dan nyaman di lidah. Paling cocok menikmati nasi lapola ini ketika kondisinya masih panas.