14 Oleh-oleh Souvenir Khas Negara Filipina

Terletak di sebelah utara Indonesia, Filipina menawarkan pesona alam yang luar biasa. Daya tarik utama negara ini terletak pada wisata alaminya. Filipina mempunyai bentang alam yang indah sekali. Apalagi panorama pantai dan lautnya sungguh menakjubkan. Maklum saja Filipina merupakan negara kepulauan sehingga memiliki banyak pantai. Keindahan pantai-pantai di Filipina bahkan menarik minat sutradara di Holywood untuk menggunakannya sebagai latar film buatannya.

Maka bolehlah sekali-kali Anda pergi ke Filipina untuk menikmati panorama alamnya. Filipina memang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantainya tidak boleh Anda lewatkan kalau pergi ke sini. Begitu pula dengan adat istiadat dan kebudayaannya sungguh menarik hati. Anda mungkin akan tercengang melihat betapa miripnya Filipina dengan negara kita tercinta. Perihal lain yang sungguh sayang untuk dilewatkan saat di Filipina yaitu souvenir yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh.

BARONG TAGALOG

barong-tagalog-oleh-oleh-filipina.jpg

Apa itu barong tagalog? Jangan tebak semacam kesenian tradisional layaknya barongan Jawa Tengah atau barong khas Bali ya. Barong tagalog ialah pakaian kemeja khas Filipina untuk para pria. Kemeja ini terbuat dari benang serat nanas dan batang pisang. Biasanya barang tagalog dikenakan dalam upacara adat. Namun kini modelnya sudah fashionable kok.

KUBING

kubing-oleh-oleh-filipina.jpg

Kubing adalah alat musik tradisional dari Negara Filipina. Bentuknya mirip seperti kecapi. Alat musik ini dimainkan dengan cara menekan corong ke bibir lalu memetik senar-senarnya. Unik sekali ya. Sehingga tak heran kalau banyak wisawatan mancanegara yang begitu berminat dengan kubing. Bagi Anda yang memang hobi bermusik, jangan lupa membelinya sebagai kenang-kenangan.

SUNGKA

sungka-oleh-oleh-filipina.jpg

Filipina ternytaa mempunyai alat permainan tradisional yang sama seperti congklak loh. Kalau di sini, namanya ialah sungka. Biasanya sih sungka ini dimainkan menggunakan kerang, biji, atau kerikil. Model permainannya sama seperti congklak kok. Namun tak ada salahnya Anda membeli sungka khas Filipina ini. Pasti teman-teman Anda penasaran melihatnya dan ingin memainkannya lagi.

MINIATUR JEEPNEY

jeepney-oleh-oleh-filipina.JPG

Jeepney adalah kendaraan yang biasa digunakan sebagai alat transportasi umum di Filipina. Kendaraan yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti mobil jeep. Bedanya hanya terletak pada ukuran body bagian belakang jeepney yang jauh lebih panjang daripada mobil jeep biasa. Sehingga otomatis jeepney memiliki kapasitas yang lebih banyak untuk memuat penumpang.

BUKO PIE

buko-pie-oleh-oleh-filipina.jpg

Sebenarnya Filipina mempunyai banyak sekali makanan khas. Namun kami sangat merekomendasikan Anda untuk mencicipi penganan manis bernama buko pie. Dalam bahasa setempat, buko artinya kelapa. Jadi Anda pasti sudah bisa menebak kalau buko pie adalah pie rasa kelapa. Wow, unik sekali ya? Kapan lagi kita bisa mencicipi pie dengan rasa kelapa kalau bukan di sini.

TEH TRADISIONAL

teh-oleh-oleh-filipina.jpg

Filipina juga mempunyai minuman tradisional berupa teh kok. Bahan bakunya sih sama saja yaitu pucuk daun teh. Namun karena ditanam di tempat yang berbeda dan diolah dengan metode khusus, teh asal Filipina ini mempunyai rasa dan aroma yang sungguh unik. Jika Anda suka meminum teh di pagi atau sore hari, tak ada salahnya membeli teh tradisional Filipina ini untuk memperkaya pengalaman Anda.

LAMBANOG

lambanog-oleh-oleh-filipina.jpg

Lambanog adalah minuman tradisional khas Filipina. Lambanog ini terbuat dari nira kelapa yang disuling. Di dalamnya terkandung alkohol hingga mencapai 40 persen. Tentunya bagi Anda yang muslim dilarang untuk membelinya ya. Konon kabarnya lambanong mempunyai rasa yang menyerupai vodka. Anda bisa menemukan minuman ini di berbagai mall di Filipina.

KAIN TRADISIONAL

kain-oleh-oleh-filipina.jpg

Di Filipina, Anda juga bisa menemukan berbagai kain tradisional. Ternyata Filipina mempunyai berbagai kain tradisional yang jumlahnya cukup banyak. Ada kain yang terbuat dari sutera, kapas, dan serat dari tumbuh-tumbuhan. Menariknya ada pula kain yang warnanya nampak transparan loh. Bolehlah Anda membeli beberapa helai kain di sini yang penampilannya paling menarik.

KAOS KHAS

kaos-oleh-oleh-filipina.jpg

Kaos khas yang dihiasi dengan kata-kata mutiara, kata-kata lucu, atau kata-kata nyeleneh menggunakan huruf tagalog pasti akan menjadi souvenir yang sangat unik. Pasalnya huruf ini memang cuma dimiliki oleh Negara Filipina saja. Namun jangan lupa untuk meminta si penjual membacakan kata-kata tersebut dan menerjemahkannya sehingga Anda juga bisa mengetahui makna dari tulisan pada kaos yang dibeli.

PERNAK-PERNIK

pernak-pernik-oleh-oleh-filipina.jpg

Mumpung sedang berada di Filipina, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berbelanja aneka pernak-pernik unik dan etnik khas negara tersebut. Soal produk kerajinan tangan, sepertinya Filipina tak kalah kreatifnya dengan Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya ragam souvenir berupa kerajinan tangan yang bisa Anda temui di sini. Mulai dari perhiasan etnik, tas, dompet, sandal, dan masih banyak lagi.

KARTU POS

kartu-pos-oleh-oleh-filipina.jpg

Kalau Anda masih suka mengoleksi kartu pos, sepertinya koleksi Anda bakal bertambah banyak ketika pergi ke Filipina. Pasalnya di sini Anda bisa menemukan cukup banyak pilihan kartu pos yang memiliki desain unik dan bentuknya tidak biasa. Bahkan kalau beruntung, Anda juga bisa membeli kartu pos edisi khusus yang pastinya sangat langka loh.

HIASAN KULKAS

hiasan-kulkas.jpg

Di berbagai pasar tradisional di Filipina terdapat beberapa penjual aksesori yang harus Anda kunjungi. Tak hanya aksesori berupa perhiasan saja yang dijual di sini. Tetapi Anda juga bisa menemukan barang-barang yang unik serta cocok dijadikan sebagai souvenir. Misalnya yaitu hiasan kulkas model tempel. Di sini ada banyak sekali hiasan kulkas yang tersedia. Pilihlah model yang memang khas banget dari Filipina.

GANTUNGAN KUNCI

gantungan-kunci-oleh-oleh-filipina.jpg

Selain hiasan tempel untuk kulkas, Anda juga wajib banget berburu gantungan kunci. Kendati terkesan sepele, kenyataannya ada banyak pelancong yang mengoleksi gantungan kunci dari berbagai tempat wisata yang pernah dikunjunginya. Mungkin Anda juga memiliki hobi yang serupa? Kalau iya, jangan lewatkan kesempatan untuk menambah koleksi Anda. Berburulah gantungan kunci di pasar-pasar tradisional supaya pilihannya semakin banyak.

MUTIARA

mutiara-oleh-oleh-filipina.jpg

Filipina juga termasuk negara maritim karena memiliki wilayah lautan yang lebih luas daripada wilayah daratannya. Salah satu hasil laut dari Negara Filipina yang cukup terkenal karena mempunyai keindahan yang luar biasa ialah mutiara. Souvenir mutiara ini cocok banget dipilih kalau sebentar lagi Anda akan melangsungkan pesta pernikahan. Mutiara-mutiara ini terlihat indah sekali setelah dibentuk menjadi cincing, kalung, gelang, anting-anting, maupun jam tangan.