14 Contoh Menu Makanan Pernikahan Khas Adat Sunda yang Wajib Ada

Mungkin saat ini Anda sedang bingung memilih menu makanan yang akan disajikan nanti pada acara pernikahan? Kami mempunyai saran cobalah Anda menghidangkan makanan-makanan tradisional khas dari suku bangsa Anda. Contohnya nih bila Anda merupakan orang sunda, maka Anda bisa menyajikan makanan-makanan khas suku sunda di dalam acara ini. Suku sunda mempunyai banyak sekali makanan khas. Beberapa di antaranya sangat cocok dihidangkan pada acara resepsi pernikahan.

Penasaran apa saja sih menu makanan tradisional khas suku sunda yang bisa Anda sajikan di acara pernikahan?

NASI

Nasi Tutug Oncom

makanan-sunda-nasi-tutug-oncom.jpg

Nasi tutug oncom merupakan hidangan yang wajib ada di setiap acara pesta pernikahan khas suka sunda. Mengapa? Sebab menu makanan yang satu ini mengandung nuansa khas sunda yang kental sekali. Nasi tutug oncom selalu menjadi makanan yang paling dicari di pernikahan adat sunda. Menu ini dibuat dengan mencampurkan nasi dengan irisan oncom dan bumbu gurih. Rasanya sungguh nikmat. Anda tak akan menemukaannya di kuliner dari adat yang lain.

Nasi Tumpeng Ayam

makanan-pernikahan-sunda-tumpeng.jpg

Sebagai alternatif dari nasi tutug oncom, Anda juga dapat menghidangkan sajian nasi tumpeng. Nasi tumpeng memang sangat identik dengan makanan-makanan dari daerah Pulau Jawa. Khusus untuk nasi tumpeng khas sunda selalu menggunakan daging ayam sebagai lauk pendampingnya. Selain itu, ada pula ceker ayam dan sayap sayap yang disajikan bersama nasi ini. Ayam sebagai perlambang rajin bangun pagi, ceker diharapkan membuat kita rajin mengais rezeki, dan sayap ayam sebagai simbol dari cita-cita yang tinggi.

AYAM

Ayam Goreng Lengkuas

makanan-ayam-goreng-lengkuas.jpeg

Hidangan dari daging ayam selalu menjadi yang paling favorit di pesta pernikahan. Termasuk di resepsi pernikahan ala sunda pun memiliki sajian berupa ayam goreng yang khas banget. Apakah itu? Adalah ayam goreng bumbu lengkuas yang merupakan makanan khas sunda yang dapat Anda gunakan sebagai sajian di pesta pernikahan. Menu ini berupa ayam goreng yang ditaburi kremesan berbumbu lengkuas. Selain gurih dari daging ayam, wangi khas dari lengkuas juga membuat sajian ini terasa begitu nikmat.

Ayam Kecap Mentega

makanan-ayam-kecap-mentega.jpg

Ayam kecam goreng mentega bisa menjadi alternatif kalau Anda sudah bosan dengan ayam goreng biasa. Sajian ini memiliki rasa manis dari kecap yang sangat kental dan berpadu secara harmonis dengan gurihnya rasa mentega. Rasa manis dan gurihnya bahkan meresap sampai ke dalam daging hingga terasa lezat sekali. Dijamin deh, hidangan yang satu ini mampu membuat para tamu yang datang ke acara pesta pernikahan Anda dan kekasih akan merasa puas.

SAPI

Gepuk Sapi

makanan-pernikahan-sunda-gepuk-sapi.jpg

Dari sekian banyaknya makanan khas sunda yang terbuat dari daging sapi, gepuk merupakan hidangan yang paling terkenal. Maka tak heran hidangan ini selalu disajikan di acara-acara yang besar, termasuk perayaan pernikahan. Gepuk sapi mempunyai rasa yang manis dan gurih khas dari daging sapi. Kelezatan kuliner ini semakin sempurna karena daging sapi yang dimasak dengan metode gepuk ini memiliki tekstur yang empuk. Wangi rempah-rempah juga begitu kental tercium dari hidangan ini.

Bistik Sapi

makanan-pernikahan-sunda-bistik-sapi.jpg

Bistik adalah beef steak ala masyarakat di Pulau Jawa. Suku jawa, sunda, dan betawi mempunyai bistik dengan kekhasannya tersendiri. Khusus untuk sunda, hidangan bistik di sini mempunyai kuah yang lebih kental. Irisan daging sapinya pun lebih tebal, namun tetap terasa empuk. Bistik sapi khas sunda biasanya dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, cengkih, kapulaga, kayumanis, dan pala. Sajian bistik sapi ini pasti akan langsung menjadi perhatian utama di acara resepsi pernikahan.

SEAFOOD

Kakap Asam Manis

makanan-pernikahan-sunda-kakap.jpg

Pesta pernikahan juga bisa menggunakan hidangan dari olahan seafood. Salah satu menu yang menjadi rekomendasi dari kami yaitu kakap asam manis. Menu yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kalau memiliki cita rasa yang sungguh lezat. Saking lezatnya bahkan sajian kakap asam manis yang notabene berasal dari sunda kini sudah banyak ditemukan di restoran dan rumah makan. Daging kakap fillet yang lembut berbalut tepung bumbu, lalu digoreng sampai renyah. Selanjutnya saus asam manis kental diguyurkan ke daging kakap goreng tersebut.

Cumi Goreng Tepung

makanan-pernikahan-cumi-goreng-tepung.jpg

Hidangan khas suku sunda selanjutnya yang cocok disajikan di pesta pernikahan yaitu cumi-cumi goreng tepung. Bayangkan saja daging cumi-cumi yang sudah mempunyai rasa lezat ini dibaluri dengan tepung, lalu digoreng sampai renyah. Rasa gurihnya semakin terasa di lidah yang berpadu dengan tekstur enak antara renyah dan kenyal. Pasti deh semua orang akan langsung meliriknya. Apalagi buat anak-anak, menu cumi goreng tepung ini pasti akan menjadi favoritnya.

LALAPAN

Trancam Mentimun

makanan-pernikahan-sunda-trancam-mentimun.jpg

Trancam mentimun terbuat dari potongan-potongan mentimun yang dicampur satu dengan potongan kacang panjang mentah. Kemudian bumbu yang digunakan yaitu serundeng (parutan kelapa sangrai). Terbayang kan betapa sedap dan segarnya hidangan yang satu ini? Walaupun kelihatannya sederhana, tetapi terancam mentimun ini sangat layak disajikan di acara pernikahan adat sunda. Bahkan faktanya banyak para tamu yang mencari terancam mentimun serta nasi tutug oncom kalau datang di resepsi khas sunda.

Karedok

makanan-pernikahan-sunda-karedok.jpg

Suku sunda juga mempunyai hidangan khas berupa sayur-mayur segar yang dibalut dengan bumbu ekstra gurih. Namanya yaitu karedok. Karedok merupakan makanan yang terbuat dari sayuran-sayuran mentah yang disirm dengan bumbu kacang. Jenis-jenis sayuran yang biasa digunakan dalam karedok khas sunda antara lain kubis, tauge, terung hijau, mentimun, dan kacang panjang. Yang membuat karedok ini semakin istimewa yaitu rasa kencur di bumbu kacangnya sungguh terasa.

Lalapan dan Sambal

makanan-pernikahan-sunda-lalapan.jpg

Untuk acara pernikahan khas suku sunda, Anda boleh banget menyajikan lalapan berupa sayur-sayuran segar sebagai hidangan resepsinya. Sebab pada dasarnya masyarakat sunda memang tak bisa dilepaskan dari lalapan. Malahan tak sedikit orang sunda yang mengaku lalapan merupakan makanan favoritnya. Beberapa jenis lalapan yang bisa Anda gunakan di antaranya mentimun, kacang panjang, kubis, terung, dan cepukak. Sebagai teman lalapan, tentu sambal khas sunda yaitu sambal tomat hijau dan sambal kencur tak boleh dilupakan.

PENCUCI MULUT

Serabi

makanan-pernikahan-sunda-serabi.jpg

Setelah puas menyantap makanan-makanan lezat di atas, hidangan penutup khas sunda juga bisa Anda sajikan sebagai penyempurna sajian. Kue tradisional yang harus ada yaitu serabi. Serabi wajib ada di setiap pernikahan sunda. Anda bisa menyajikan serabi ini dengan tampilan yang lebih modern. Caranya yaitu serabi diletakkan di mangkuk, lalu tambahkan potongan-potongan dadi dari buah-buahan yang segar. Anda juga bisa menyiramnya dengan saus karamel, susu, santan, atau sirup.

Clorot

makanan-pernikahan-sunda-clorot.jpg

Kue tradisional sunda lainnya yang cocok sekali disajikan di acara pernikahan yaitu clorot. Clorot terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa membentuk kerucut, kemudian dikukus hingga matang. Biasanya di dalam clorot ini berisi gula merah. Rasanya sudah pasti kenyal, legit, dan manis. Bentuknya yang unik juga akan membuat orang merasa penasaran untuk mencobanya. Setelah dimakan, rasanya sungguh menarik di lidah dan nikmat sekali.

Es Dawet

makanan-pernikahan-sunda-es-dawet.jpg

Untuk minumannya yang wajib ada di pernikahan adat sunda yaitu es dawet. Es dawet ini sangat otentik dengan kebudayaan sunda. Es ini juga mengandung makna hubungan yang manis dan erat. Rasa manis dan segar dari sajian es dawet ini akan langsung memuaskan tenggorokan dan perut para tamu yang menikmatinya. Cobalah hidangkan es dawet ini di gelas yang unik supaya kesan menariknya semakin kuat. Para tamu pasti sudah tak sabar mencicipinya tuh.