13 Makanan Unik dan Enak Oleh-oleh Asli Cilacap Jawa Tengah

Sekali-kali cobalah Anda pergi ke Cilacap, Jawa Tengah. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang menarik serta berbagai kuliner khas yang begitu lezat di sini. Berhubung letaknya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, maka kebudayaan di Cilacap merupakan campuran dari kebudayaan khas suku jawa dan suku sunda. Salah satunya yang paling menonjol ialah bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat lokal merupakan pencampuran dari bahasa ngapak dan bahasa sunda.

Cilacap berada di daerah pesisir. Berdasarkan letak geografisnya, posisi Cilacap ini terletak tak jauh dari Samudera Hindia. Cilacap sendiri paling tidak mempunyai 10 pantai dengan panorama yang indah sekali. Anda pasti akan merasa takjub melihatnya. Pesona Cilacap juga terdapat pada makanan khasnya. Di sini kita bisa menemukan berbagai makanan unik yang rasanya enak sekali. Silakan Anda dapat membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau souvenir buat orang-orang di rumah.

Rempeyek Yutuk

rempeyek-yutuk-khas-cilacap.JPG

Anda pasti sudah tahu tentang rempeyek, kan? Rempeyek adalah keripik dari adonan tepung beras yang digoreng sampai kering dan renyah. Adonan rempeyek biasanya diisi dengan berbagai bahan makanan. Cilacap mempunyai bahan pengisi rempeyek yang unik yaitu yutuk. Apa itu yutuk? Yutuk adalah sejenis kepiting yang hidup di pinggiran pantai. Yutuk biasa disebut pula undur-undur laut. Yutuk mempunyai rasa yang sangat gurih seperti udang. Bayangkan betapa lezatnya rasa dari rempeyek yutuk ini.

Abon Tuna

abon-tuna-khas-cilacap.jpg

Lokasinya yang berada di daerah pesisir membuat stock hidangan laut di Cilacap begitu melimpah. Salah satunya yaitu ikan tuna, ikan tongkol, dan ikan cakalang yang bisa gampang Anda temukan di pasar-pasar di Cilacap. Selain ikan mentah, Anda juga bisa menemukan berbagai olahan yang berbahan dasar daging ikan. Misalnya yang menarik yaitu abon tuna. Kalau biasanya abon terbuat dari daging sapi atau daging ayam, di sini Anda bisa menemukan produk berupa abon daging tuna.

Kerupuk Tengiri

kerupuk-tengiri-khas-cilacap.jpg

Olahan dari ikan selanjutnya yang juga menjadi kekhasan dari Daerah Cilacap ialah kerupuk tengiri. Kali ini daging ikan tengiri dibuat menjadi sebuah kerupuk yang mempunyai cita rasa yang sangat gurih. Kita tahu kalau ikan tengiri memang mempunyai daging yang rasanya begitu lezat. Maka tidak heran, orang Palembang sering memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan pempek. Berbeda dengan orang Cilacap yang memakai daging ikan tengiri ini untuk membuat kerupuk.

Keripik Sukun

keripik-sukun-khas-cilacap.jpg

Camilan khas Cilacap selanjutnya yakni keripik sukun. Keripik ini terbuat dari daging buah sukun yang diiris tipis-tipis, lantas digoreng sampai matang. Karena digoreng hingga kering, teksturnya pun menjadi renyah sekali. Mulut tak bosan-bosan untuk terus memakannya. Keripik sukun ini mempunyai rasa yang sangat gurih dengan sensasi khas buah sukun yang masih terasa. Kini juga sudah tersedia keripik sukun dengan variasi rasa tambahan seperti pedas, keju, jagung bakar, dan lain-lain.

Salai Pisang

salai-pisang-khas-cilacap.jpg

Penganan salai pisang ternyata berasal dari Cilacap loh. Penganan ini terbuat dari buah pisang masak yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng hingga memiliki tekstur yang renyah. Perpaduan antara rasa manis alami yang dimiliki oleh buah pisang dengan teksturnya yang renyah setelah digoreng lantas membuat salai pisang terasa begitu nikmat di lidah. Anda akan merasa ketagihan untuk memakan salai pisang ini lagi dan lagi setelah merasakan kenikmatannya.

Lepet Ketan

lepet-ketan-khas-cilacap.jpglepet-ketan-khas-cilacap.jpg

Kalau di daerah-daerah lainnya, Anda mungkin hanya bisa menemukan lepet saat perayaan Hari Lebaran saja. Berbeda dengan saat berada di Cilacap. Di sini Anda bisa menemukan lepet setiap hari. Lepet ialah penganan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur kelapa parut, lalu dibungkus menggunakan daun kelapa muda (janur). Cara membungkus lepet ini memiliki teknik tersendiri sehingga nampak menarik. Adonan lepet lantas dikukus sampai matang. Rasanya enak, perpaduan antara gurih dan kenyal.

Tempe Dages

tempe-dages-khas-cilacap.JPG

Apa itu tempe dages? Tempe dages adalah tempe yang terbuat dari ampas tahu. Jika umumnya tempe itu dibuat menggunakan biji kacang kedelai yang telah dibersihkan dan direbus, berbeda dengan tempe dages ini. Daripada dibuang percuma, para pengrajin tahu lantas memanfaatkan sisa ampasnya untuk dibuat menjadi sebuah tempe. Tempe dages ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan lembut dengan sedikit rasa gurih. Biasanya tempe ini digoreng atau dimasak memakai santan kental.

Brekecek

brekecek-khas-cilacap.jpg

Kalau mau mencari oleh-oleh berupa lauk pauk khas dari Cilacap, rekomendasi kami ialah brekecek. Apa itu brekecek? Brekecek yaitu makanan yang terbuat dari kepala ikan jahan yang dimasak menggunakan bumbu rica-rica. Sudah pasti rasanya pun begitu gurih, pedas, dan segar. Menikmati brekecek memiliki sensasi tersendiri karena kita harus berburu daging ikan yang terselip di antara tulang-tulang kepalanya. Daging di bagian kepala ikan memang mempunyai rasa yang paling nikmat.

Lupis

lupis-khas-cilacap.jpg

Cilacap juga mempunyai penganan manis yang bernama lupis. Kue lupis khas Cilacap ini masih sangat otentik karena menggunakan bahan-bahan alami. Bahan utamanya yaitu beras ketan. Beras ketan yang telah dicampur dengan santan dibungkus memakai daun pisang untuk dikukus sampai matang. Dalam penyajiannya, lupis selalu ditaburi serundeng dan saus kinca dari gula merah yang dicairkan.

Cenil

cenil-khas-cilacap.jpg

Cenil ini nampak begitu menarik dengan warna-warninya yang cerah dan menggoda mata. Rasanya kenyal dan manis. Yakin deh Anda pasti akan langsung ketagihan begitu mencobanya. Cenil terbuat dari sari pati singkong sehingga pasti sehat dan nikmat. Cenil biasanya disajikan bersama dengan kelapa parut.

Thempleng

thempleng-khas-cilacap.jpg

Kalau di tempat lain sih, thempleng atau templeng ini biasa disebut rempeyek. Pokoknya semua cemilan rempeyek dinamakan thempleng oleh warga masyarakat Cilacap. Di sini kita dapat menemukan aneka macam rasa dari thempleng. Contohnya yaitu thempleng rasa kacang hijau, kedelai, udang rebon, ikan teri, kacang tanah, dan masih banyak lagi. Pokoknya Cilacap itu gudangnya rempeyek deh. Anda pasti akan puas berburu rempeyek di sini.

Lanthing

lanthing-khas-cilacap.jpg

Lanthing ialah camilan berbahan dasar singkong yang digiling halus, lalu dibentuk menjadi adonan. Adonan lanthing ini lantas dibentuk menjadi bulat-bulat dengan lubang di bagian tengahnya. Kemudian lanthing digoreng sampai matang. Teksturnya sangat renyah dengan rasa yang gurih sekali. Cocok deh dimakan untuk menemani waktu bersantai.

Gembus

gembus-khas-cilacap.jpg

Kalau lanthing di atas mempunyai tekstur yang renyah, berbeda dengan gembus ini yang mempunyai tekstur yang kenyal. Bahan dasar yang digunakan sih sama saja ya yaitu singkong. Adonan singkong ini lantas dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Karena bentuk dan rasanya yang mirip seperti donat, maka beberapa orang juga kerap menyebutnya dengan nama donat jawa.