11 Souvenir Khas Solo untuk Oleh-oleh

Apa sih souvenir yang khas dari Solo? Kota Solo begitu menjunjung tinggi adat istiadat dan kultur budayanya. Masyarakat setempat bahkan setia menggunakan bahasa jawa krama alus dalam bertutur kata sehari-hari. Ditambah dengan banyaknya tempat wisata yang menarik membuat kota di Jawa Tengah ini selalu layak untuk dikunjungi. Solo memang mempesona dengan segala daya tarik dan keramahannya. Kami jamin Anda yang berwisata ke kota ini tidak akan puas kalau perginya cuma sekali!

Tentu Anda tidak boleh ketinggalan membeli souvenir kalau pergi ke Solo. Souvenir yang khas tersebut bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah dan mengenang perjalanan wisata Anda. Memang souvenir khas Solo ini menjadi salah satu item yang paling diburu wisatawan. Baik turis lokal maupun mancanegara selalu asyik berburu souvenir sesaat sebelum kembali pulang ke rumahnya. Namun kami paham, sebagai turis Anda tidak banyak tahu benda-benda apa yang khas dari Solo.

souvenir-khas-solo.jpg

Maka dari itu, kali ini kita akan berbagai daftar souvenir yang khas banget dari Solo.

  1. Serundeng terbuat dari kelapa parut yang disangrai dan diberi bumbu gurih. Rasanya sangat gurih dan sedikit manis khas masakan jawa. Sekilas bentuk serundeng mirip seperti abon.
  2. Intip adalah kerak nasi yang digoreng sampai renyah. Khasnya intip memiliki rasa bawang putih yang sangat kuat. Kami rekomendasikan belilah intip yang ukurannya tipis dan ada bagian gosongnya karena lebih enak.
  3. Serabi sudah menyebar luas ke seluruh penjuru Indonesia. Ternyata kue manis nan legit ini berasal dari Kota Solo loh. Serabi dibuat dari adonan tepung beras yang dimasak. Lalu disajikan dengan kuah santan dan gula jawa.
  4. Ampyang ialah camilan yang terbuat dari kacang tanah, gula jawa, dan jahe. Ketiga bahan ini lantas dimasak hingga gulanya berubah menjadi karamel. Setelah itu, ampyang segera dicetak berbentuk bundar.
  5. Aneka kaos khas Solo juga bisa Anda beli di pusat oleh-oleh di Kota Solo. Kaos ini umumnya dihiasi gambar objek wisata khas Solo, tokoh pewayangan, alat transportasi tradisional, sampai tulisan dalam aksara jawa.
  6. Batik tentunya menjadi barang wajib yang mesti Anda beli ketika pergi ke Solo. Selain pilihannya sangat banyak, harganya pun jauh lebih murah jika Anda membelinya di sini. Tersedia batik tulis dan batik cap untuk Anda.
  7. Abon yang dibuat menggunakan daging sapi dan daging ayam banyak terdapat di Solo. Rasa khas dari abon Solo ini memiliki rasa dominan manis. Anda bisa membeli abon ini dalam kemasan atau per kilogram.
  8. Brem merupakan jajanan yang bisa kita makan saat kecil. Dan ternyata brem memang berasal dari Kota Solo. Brem dibuat memakai olahan bekas peragian tape sehingga memiliki rasa yang khas begitu dingin dan lumer di mulut saat kita menggigitnya.
  9. Serbat jahe adalah minuman khas Solo yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya. Bisa Anda tebak kalau minuman ini mampu menghangatkan tubuh karena memakai jahe yang begitu banyak.
  10. Aneka patung yang berbentuk wayang menjadi oleh-oleh yang bisa Anda buat sebagai pajangan maupun koleksi di rumah. Ada wayang kulit, wayang golek, hingga wayang yang terbuat dari keramik. Silakan pilih sesuai selera.
  11. Gamelan adalah alat musik khas suku Jawa. Jika melancong ke Kota Solo, Anda bisa membeli gamelan untuk souvenir di rumah. Semakin besar ukurannya, harganya akan semakin mahal. Apalagi jika gamelan tadi dipenuhi dengan ukiran.