11 Oleh-oleh Saat Menjenguk Orang yang Sakit

Manusia merupakan makhluk sosial. Sehingga di dalam kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari orang lain. Kita selalu membutuhkan bantuan orang lain, terutama orang-orang yang berada di sekitar kita. Entah itu keluarga, sanak saudara, teman, atau tetangga. Oleh sebab itu, kita harus menjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan orang lain. Jangan sampai deh pada saat kita mengalami kesulitan, tidak ada orang yang datang membantu karena sikap kita yang buruk.

Salah satu cara menjaga tali silaturahmi adalah memedulikan keadaan orang-orang di sekitar kita. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Senang dan susah harus dirasakan bersama-sama. Jangan cuma mau enaknya saja. Sehingga saat ada kenalan Anda yang jatuh sakit, maka Anda wajib segera menjenguknya. Dengan menjenguk, Anda sudah menunjukkan sikap peduli dan mau merasakan penderitaan yang tengah ditanggung oleh orang tersebut.

Tentunya Anda tidak boleh menjenguk orang yang sakit dengan tangan kosong saja ya. Buatlah orang tersebut merasa semakin gembira akan kedatangan Anda dengan membawa oleh-oleh. Biasanya sih oleh-oleh yang dibawa ketika menjenguk orang yang sakit ini berupa makanan. Maklum saja, orang yang sakit biasanya akan mengalami penurunan pada nafsu makannya. Dengan memberikan makanan yang lezat, harapannya orang tersebut mau memakannya.

Nah, berikut ini macam-macam makanan yang paling cocok dibawa saat Anda pergi menjenguk orang yang sakit!

Kue Bolu

bolu-untuk-orang-sakit.jpg

Makanan yang paling banyak dibawa saat menjenguk orang yang sedang sakit tidak lain adalah kue bolu. Kue ini memang disukai oleh banyak orang, apalagi jika kondisinya masih hangat. Rasanya yang manis dengan tekstur yang legit membuat siapa pun tidak kuasa untuk menolak kelezatan kue bolu. Kue bolu akan menambah stamina orang yang sedang sakit meski hanya memakannya sepotong saja karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

Roti

roti-untuk-orang-sakit.jpg

Makanan urutan kedua yang paling banyak dibawa yaitu roti. Roti ini berbeda dengan kue ya. Roti memiliki tekstur yang lebih padat dan biasanya memiliki isian di bagian dalamnya. Roti merupakan makanan yang praktis dijadikan oleh-oleh ketika Anda menjenguk orang yang sakit. Sama seperti kue, roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Anda bisa membelikan roti dengan isian yang berbeda-beda.

Donat

donat-untuk-orang-sakit.jpg

Donat sebenarnya masih termasuk roti. Tapi donat memiliki ciri khas yaitu bentuknya bundar dan berlubang di bagian tengahnya. Topping donat juga biasanya ada di bagian atasnya. Anda bisa membawa donat sebagai buah tangan ketika menjenguk teman atau kerabat Anda yang sedang sakit. Dia pasti akan merasa senang dengan donat-donat tersebut. Lebih-lebih kalau Anda membawa beberapa donat dengan topping yang beraneka rupa.

Keripik

keripik-untuk-orang-sakit.jpg

Kalau tidak mau repot, Anda bisa membawakan keripik kepada orang yang sakit. Hitung-hitung sebagai teman ngemil saat dia hanya bisa berbaring di atas tempat tidur saja. Lumayan kan untuk mengusir rasa kebosanannya? Tapi Anda harus memperhatikan bahan baku dari keripik tersebut. Usahakan Anda memilih keripik yang terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan serta tidak mengandung banyak minyak. Misalnya keripik buah atau sayuran.

Agar-agar

agar-agar-untuk-orang-sakit.jpg

Anda tidak harus membeli oleh-oleh yang akan dibawa saat pergi menengok orang sakit. Sebab Anda pun dapat membuatnya sendiri. Makanan yang dibuat sendiri ini pasti akan lebih lezat dan tentunya menyehatkan. Salah satu makanan yang bisa dibikin sendiri dengan mudah yaitu agar-agar atau jelly. Anda bisa membuat agar-agar yang memiliki rasa manis, asam, dan segar. Teksturnya yang kenyal dan lembut menjadikan orang sakit pun suka memakannya.

Bubur

bubur-untuk-orang-sakit.jpg

Orang-orang yang menderita penyakit cukup parah biasanya akan mengalami kesulitan untuk makan. Tidak hanya nafsu makannya yang menurun drastis, tetapi dia pun merasa sakit ketika menelan makanan tersebut. Sebaiknya memang orang yang sedang sakit ini mengonsumsi makanan yang lembut terlebih dahulu. Bubur merupakan makanan yang paling tepat dimakan saat sakit. Jadi Anda bisa membawakannya bubur ayam atau bubur daging sapi.

Sup

sup-untuk-orang-sakit.jpg

Sup termasuk salah satu makanan yang paling cocok diberikan kepada orang yang tengah sakit. Orang yang sakit pasti membutuhkan asupan air yang lebih banyak daripada biasanya. Namun jika harus terus-menerus meminum air putih, rasanya pasti akan jenuh. Sup ini bisa menjadi alternatif sumber air yang bagus untuknya. Apalagi di dalam kuah sup juga terkandung banyak vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatannya. Anda bisa membawa sup sayuran, sup ayam, bakso, atau soto yang nikmat.

Susu

susu-untuk-orang-sakit.jpg

Orang yang sedang sakit memang sebaiknya rutin mengonsumsi susu untuk membantu proses penyembuhan tubuhnya. Kandungan gizi di dalam susu tersebut sangat bagus untuknya. Jadi susu merupakan pilihan yang paling tepat dibawa sebagai oleh-oleh saat Anda menjenguk orang sakit. Disarankan bawalah susu yang segar. Kalau Anda sulit mendapatkannya, bawalah susu bubuk. Hindari memberikan susu kental manis karena banyak mengandung gula.

Madu

madu-untuk-orang-sakit.jpg

Selain susu, orang sakit juga dianjurkan untuk rutin meminum madu. Madu adalah minuman yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan gizi di dalamnya sangat kompleks sehingga dapat meningkatkan stamina dan sistem imunitas. Bahkan madu juga dapat menjadi obat alami berbagai penyakit. Bawalah sebotol madu asli untuk diberikan ke orang yang sakit. Niscaya dia akan menerimanya dengan senang hati karena memang membutuhkannya.

Buah-buahan

buah-untuk-orang-sakit.jpg

Tak perlu sampai pusing memikirkan barang bawaan yang hendak diberikan pada saat Anda menjenguk orang sakit. Cukup dengan memberikan 1 kg buah-buahan saja sudah pasti akan diterimanya dengan senang hati. Buah-buahan memang cocok dibawa untuk kondisi apapun. Termasuk saat menjenguk orang sakit pun Anda bisa membawanya. Pastikan jenis buah yang Anda beli bukan merupakan buah yang harus dihindarinya sehingga dia bisa tetap memakannya.

Jamu

jamu-untuk-orang-sakit.jpg

Beberapa orang lebih suka menggunakan obat-obatan herbal ketimbang obat kimia. Karena memang obat herbal ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh. Sehingga meskipun rasanya sangat pahit, tidak sedikti yang lebih memilihnya. Kalau Anda juga termasuk pencinta obat herbal, Anda bisa berbagai jamu tradisional yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita oleh orang yang ingin Anda jenguk. Jamu ini bisa menjadi obat alternatif baginya.