11 Menu Makanan Resepsi Pernikahan Khas Bali

Pernikahan selalu menjadi momen sakeral bagi kehidupan manusia. Pernikahan akan mengantarkan kita menuju ke kehidupan yang baru. Oleh karenanya, acara pernikahan mesti dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Rata-rata orang akan menggelar pesta pernikahan dengan konsep sesuai suku adatnya. Misal Anda berasal dari Pulau Bali, maka acara pernikahannya juga dibuat dengan adat Bali. Termasuk untuk menu makanan yang akan disajikan pun berupa makanan-makanan tradisional khas Bali.

Makanan-makanan khas Bali terkenal mempunyai cita rasa yang sungguh sedap. Rata-rata makanan di sini mempunyai cita rasa gurih, pedas, dan asam. Perpaduan dari ketiga rasa ini akan menciptakan rasa yang sungguh segar dan lezat. Anda pun bisa menggunakannya sebagai sajian dalam acara resepesi pernikahan. Tidak hanya kerabat Anda yang sama-sama berasal dari Bali saja yang menyukainya, pasti kerabat Anda lain yang bukan berasal dari Bali pun akan sangat antusias menikmatinya.

Terdapat sejumlah menu makanan tradisional Bali yang cocok disajikan dalam acara resepsi pernikahan, antara lain :

AYAM BETUTU

ayam-betutu-menu-resepsi-bali.jpg

Ayam betutu merupakan kuliner khas Bali yang paling terkenal. Cita rasanya yang gurih dan pedas membuat siapa pun menyukainya. Ayam betutu dibuat dengan memasukkan bumbu betutu yang penuh dengan rempah-rempah ke dalam perut ayam kampung. Lantas ayam ini dibungkus daun pisang dan dipanggang menggunakan bara kecil hingga 24 jam. Proses memasak yang dilakukan secara perlahan-lahan ini membuat bumbu betutu meresap sampai ke tulang. Tamu Anda pasti lahap memakannya.

SATE LILIT

sate-lilit-menu-resepsi-bali.jpg

Menu khas Bali yang terkenal selanjutnya yaitu sate lilit. Sate lilit merupakan sate yang unik. Sate ini dibuat dengan melilitkan daging cincang yang telah dibumbui ke batang serai. Selanjutnya sate lilit ini dibakar sampai matang. Rasanya dijamin lezat, gurih, dan penuh dengan bumbu. Sate ini menawarkan sensasi sate yang berbeda dari sate-sate lainnya. Teksturnya sangat empuk karena terbuat dari daging cincang. Aroma batang serai yang terbakar semakin menambah sedapnya sate ini.

SATE PLECING

sate-plecing-menu-resepsi-bali.jpg

Bali juga masih mempunyai sate unik lainnya yaitu sate plecing. Sate plecing umumnya terbuat dari daging ayam atau daging ikan. Dinamakan sate plecing karena sate ini menggunakan bumbu plecing yang memiliki cita rasa pedas dan segar. Apalagi di sentuhan akhirnya juga masih disiram dengan air jeruk limau yang akan membuat rasa sate plecing ini semakin segar. Sate ini bisa menjadi salah satu hidangan yang unik dalam acara resepsi pesta pernikahan Anda.

TUM AYAM

tum-ayam-menu-resepsi-bali.jpg

Tum ayam kurang lebih mirip seperti pepes kalau di daerah Jawa Tengah. Namun bedanya adalah kalau pepes dibuat dari ikan, tum ayam menggunakan daging ayam. Daging ayam yang akan dibuat menjadi tum ayam dicincang terlebih dahulu dengan cincangan yang kasar saja. Kemudian cincangan daging ayam ini dicampur dengan bumbu khas Bali. Setelah itu, masukkan bahan-bahan ini ke dalam daun pisang lalu dikukus hingga matang. Menu tum ini juga bisa dibuat memakai daging bebek.

BUBUR MENGGUH

bubur-mengguh-menu-resepsi-bali.jpg

Anda mungkin ingin menyajikan hidangan yang berat di dalam resepsi pernikahan Anda? Cobalah menghidangkan bubur mengguh. Apa itu bubur mengguh? Bubur mengguh adalah bubur dari beras yang dimasak santan, lalu ditaburi dengan suwiran daging ayam dan disiram lagi dengan kuah kaldu ayam yang kental. Biasanya bubur mengguh disajikan bersama urap sayur. Rasanya sangat komplit. Anda bisa merasakan gurih dan segar di waktu yang sama.

TIPAT BLAYAG

tipat-blayag-menu-resepsi-bali.jpg

Tipat blayag mirip sekali seperti lontong. Bedanya jika lontong memakai pembungkus dari daun pisang, tipat blayag menggunakan daun kelapa atau daun enau sebagai pembungkusnya. Untuk menikmatinya, tipat blayag disajikan bersama saus dari tepung beras yang dicampur bumbu khas bali. Tipat blayag akan semakin nikmat saat dimakan dengan sayur urap, kerupuk kulit ayam, ceker ayam goreng, atau kacang kedelai. Hidangan ini begitu khas dengan daerah Bali.

TIPAT CANTOK

tipat-cantok-menu-resepsi-bali.jpg

Dalam bahasa bali, tipat artinya ketupat. Sedangkan cantok berarti diuleg atau dihaluskan. Jadi tipat cantok menggunakan ketupat yang dihaluskan sebagai bahan utamanya. Sementara untuk isiannya, tipa cantok berisi kacang panjang, kangkung, dan tauge. Barulah kemudian bumbu kacang disiram di bagian atasnya. Tipat cantok kurang lebih mirip seperti pecel. Namun rasanya tentu berbeda. Tipat cantok memiliki dominasi rasa pedas yang segar.

RUJAK BULUNG

rujak-bulung-menu-resepsi-bali.jpg

Apakah rujak bulung itu? Rujak bulung adalah rujak yang menggunakan bulung (rumput laut) sebagai bahan utamanya. Unik sekali ya. Indonesia memang memiliki banyak sekali variasi rujak. Tetapi cuma di Bali saja Anda bisa menemukan olahan rujak yang terbuat dari rumput laut. Hal ini dikarenakan petani lokal kerap membudidayakan rumput laut. Keunikan lain rujak bulung yaitu ada parutan kelapa bakar di atasnya. Wah, rasanya pasti akan bertambah sedap.

BERENGKES

berengkes-menu-resepsi-bali.jpg

Berengkes pada dasarnya sama seperti pepes. Namun berengkes ini mempunyai rasa yang sungguh segar. Para tamu Anda pasti tidak akan henti-henti menikmatinya. Berengkes terbuat dari daging ikan. Ikan yang telah diberi bumbu berengkes lantas dibungkus memakai daun pisang. Kemudian berengkes ini dikukus sampai matang. Sebelum disajikan, berengkes akan dibakar sebentar untuk memberikan aroma khas bakaran yang lezat.

LAWAR KUWIR

lawar-kuwir-menu-resepsi-bali.jpg

Masakan tradisional khas Bali lainnya yang juga cocok disajikan saat resepsi pernikahan yaitu lawar. Sebenarnya ada begitu banyak jenis masakan lawar di Bali. Tapi di sini kami merekomendasikan lawar yang terbuat dari daging kluwir (bebek entog). Lawar kluwir terbuat dari cincangan daging bebek entog, sayur-sayuran seperti kacang panjang dan parutan kelapa, serta bumbu khas Bali. Lawar kluwir sungguh terasa nikmat sekali. Rasanya perpaduan dari gurih, pedas, dan asam.

GERANG SAMBEL BAWANG

gerang-sambel-bawang-menu-resepsi-bali.jpg

Jangan lupa juga untuk menyajikan gerang sambel bawang. Hidangan ini sekarang cukup sulit ditemukan di Bali padahal rasanya lezat sekali loh. Gerang sambel bawang terbuat dari ikan teri yang ditumis bersama irisan bawang putih dan cabai. Menu ini mempunyai rasa yang pedas, gurih, dan manis. Tamu-tamu Anda pasti akan langsung menyukai hidangan gerang sambel bawang ini. Anda juga bisa menambahkan kacang tanah untuk menimbulkan sensai renyah yang begitu menggoda di lidah.