11 Contoh Souvenir Pernikahan yang bisa Dibuat Sendiri

Pernikahan selalu menjadi momen yang sangat istimewa dan tidak akan pernah terlupakan. Sebab pernikahan merupakan ikrar janji sehidup semati di bawah kuasa Tuhan dan tercatat oleh negara. Jika dulu Anda selalu bahagia menanti tanggal pernikahan teman-teman, kini tibalah giliran Anda untuk melangsungkan pernikahan bersama pasangan. Kami yakin di hari-hari masa penantian Anda, perasaan gundah gulana selalu menemani setiap hari. Termasuk tentang urusan pesta pernikahannya.

Semua orang tentu menginginkan pesta pernikahan yang benar-benar sempurna. Begitu pula Anda dan pasangan. Bahkan Anda berdua sudah jauh-jauh hari merencanakan pesta pernikahan tersebut agar tidak ada kesalahan saat tanggal perayaannya nanti. Kalau boleh, kami juga mau urun rembug terutama soal pemilihan souvenirnya nanti. Bagaimana jika Anda menggunakan souvenir yang Anda buat sendiri bersama pasangan? Pasti souvenir tersebut akan semakin bernilai indah dan mengesankan.

souvenir-pernikahan-dibuat-sendiri.jpg

Ada beberapa contoh souvenir yang bisa Anda buat sendiri dan prosesnya pun tidak terlalu sulit. Berikut ini ide-ide di antaranya!

  1. Pot berisi tanaman sukulen atau kaktus mini. Anda bisa membeli pot, tanaman sukulen, dan kaktus mini di www.tokotanaman.com. Lalu menyusunnya sendiri menjadi souvenir yang sangat menarik.
  2. Kalau di atas bibit tanaman, sedangkan ide yang kedua ini benih tanaman. Benih tanaman wujudnya berupa biji yang siap untuk ditanam. Anda bisa mengemas biji-biji ini di kotak kertas yang dibuat sendiri.
  3. Buku gambar yang bertema pernikahan. Carilah beberapa gambar tentang pernikahan di internet. Kemudian cetak di atas kertas. Kumpulkan hasil cetakan-cetakan ini, lalu Anda jadikan sebagai buku kecil.
  4. Botol ukuran kecil juga bisa dijadikan souvenir yang unik loh. Anda hanya perlu memasukkan benda berwarna-warni ke dalam botol tersebut. Misalnya adalah permen, cokelat, pasir, beras, kelopak bunga, atau potongan kertas.
  5. Mini notebook bisa menjadi souvenir yang bermanfaat, indah, dan murah meriah. Buat sendiri mini notebook ini dari kertas HVS yang dipotong menjadi delapan bagian. Lalu susun menjadi sebuah buku yang sangat menggemaskan.
  6. Tabung reaksi yang biasa dipakai di laboratorium cocok banget dijadikan souvenir pernikahan setelah diisi dengan bubuk minuman seperti kopi, susu, gula, jahe, atau kayu manis. Para tamu pasti tidak sabar menyeduhnya.
  7. Anda tentu mahir sekali kalau disuruh membuat gelang yang terbuat dari manik-manik kan? Gelang manik-manik ini cocok banget loh dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Anda sendiri yang menentukan desainnya seperti apa.
  8. Jika mau, Anda juga bisa membuat bunga artifisial alias bunga plastik sendiri loh. Tinggal cari saja tutorialnya di internet. Ada banyak sekali kok. Silakan ikuti tutorial tadi dan buat bunga artifisial yang beraneka rupa.
  9. Gelas kaca biasa tentunya kurang menarik jika dijadikan sebagai souvenir. Tetapi kalau gelas tersebut sudah Anda hiasi dengan ukiran berupa ornamen-ornamen indah, maka pesonanya mampu memikat hati siapa pun yang melihatnya.
  10. Kerajinan tangan yang dibuat dari kulit cangkang kerang pasti menarik sekali. Cobalah Anda mengajak pasangan bermain ke pantai lalu mengumpulkan cangkang kerang dan siput. Satukan cangkang ini memakai lem hingga menjadi bentuk yang menarik.
  11. Kerajinan tangan dari stik es krim juga tak kalah menarik buat souvenir pernikahan. Ada banyak sekali ide karya seni yang bisa diaplikasikan memakai stik es krim. Contohnya kotak pensil, rumah-rumahan, atau tempat tisu.