10 Souvenir yang Cocok Diberikan untuk Para Lansia

Anda mungkin berencana untuk membuat suatu acara yang dipersembahkan secara khusus untuk para lansia? Istilah lansia merujuk pada manusia-manusia yang telah lanjut usia atau mempunyai usia yang lanjut. Biasanya seseroang dapat dikatakan sebagai lansia manakala umurnya sudah mencapai lebih dari 50 tahun. Sudah pasti jasanya, terutama bagi keluarga, telah banyak sekali. Begitu pula dengan jasanya bagi lingkungan sekitar pun sudah tidak dapat dihitung lagi karena saking banyaknya.

Oleh karena itu, sekali-kali kita selaku generasi yang lebih muda membuat sebuah acara yang istimewa dan spesial, khusus untuk para lansia. Acara ini sendiri bertujuan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada mereka yang telah mencurahkan tenaga, waktu, dan pemikirannya untuk kemuliaan generasi berikutnya. Dalam membuat acara untuk lansia ini, Anda tidak boleh melupakan soal souvenirnya. Sebab souvenir ini memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah acara.

Ada beberapa contoh souvenir yang cocok diberikan dalam acara khusus untuk lansia, antara lain :

Mug

mug-souvenir-untuk-lansia.jpg

Mug memang menjadi souvenir yang paling cocok diberikan untuk acara apapun. Bahkan  untuk sebuah acara yang berhubungan dengan para orang tua pun Anda tetap bisa memberikan souvenir berupa mug ini. Sekilas mug ini terlihat seperti gelas atau cangkir. Namun mug biasanya memiliki bentuk yang unik dan lucu serta terbuat dari bahan keramik. Hal inilah yang membuatnya lebih berkelas. Untuk souvenir bagi lansia, Anda dapat memberikan mug dengan model tradisional. Mereka pasti akan sering memakai mug tersebut sebagai tempat minuman teh.

Teh

teh-souvenir-untuk-lansia.jpg

Apa minuman favorit bagi para orang tua? Sebagian besar orang tua pasti akan menjawabnya dengan minuman teh. Minuman teh memang terasa sangat nikmat dan mampu merelaksasi pikiran. Maka tidak heran kalau ada banyak orang yang menyukainya. Begitu pula dengan para lansia yang biasanya akan menikmati segelas minuman teh di pagi atau sore hari. Ditemani dengan sepiring biskuat, ini merupakan sajian yang paling nikmat bagi mereka. Kalau bisa, Anda menghadiahkan bingkisan berisi daun teh kering yang berasal dari luar kota atau luar negeri sehingga semakin menarik. Atau Anda juga dapat memilih jenis minuman teh yang unik dan jarang dikonsumsi di Indonesia.

Syal

syal-souvenir-untuk-lansia.jpg

Aksesori yang senantiasa dikenakan oleh para lansia karena tidak hanya membuat penampilannya lebih menarik, tetapi juga mampu menghangatkan tubuhnya yaitu syal. Walaupun Indonesia beriklim tropis, namun saat musim penghujan kondisi cuaca di sini menjadi sangat dingin. Bahkan di daerah-daerah yang terletak di dataran tinggi, suhunya bisa terasa dingin sekali. Nah, adanya syal ini pasti akan membantu para lansia merasa nyaman. Syal yang dikalungkan di leher dapat menghangatkan tubuh dan menghalau udara dingin. Syal pemberian Anda pasti akan sering dipakai deh.

Payung

payung-souvenir-untuk-lansia.jpg

Souvenir lainnya yang juga cocok diberikan untuk para lansia ialah payung. Payung ini tentu saja akan membantu para lansia untuk tetap dapat mendapatkan kenyamanan ketika beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya dipakai sewaktu hujan turun saja, payung bisa berguna untuk melindungi tubuh dari panas matahari. Sehingga para lansia pun bisa berjalan-jalan dan menikmati udara luar tanpa takut kehujanan atau kepanasan. Sebisa mungkin pilihlah payung yang modelnya unik dan menarik untuk dipakai sebagai souvenir. Anda bisa memberikan payung transparan atau payung dengan motif batik.

Topi

topi-souvenir-untuk-lansia.jpg

Sebagai alternatif dari payung, Anda juga bisa memberikan souvenir berupa topi untuk lansia. Tentunya topi ini lebih praktis daripada payung sehingga Anda sering dikenakan. Pilihlah topi yang memiliki bentuk menarik. Hindari memilih topi yang bentuknya unik atau aneh karena jarang sekali lansia yang menyukai benda-benda yang mempunyai bentuk tidak biasa. Lebih baik Anda memilih souvenir berupa topi yang memang sangat berguna, pantas dikenakan dalam kegiatan apapun, dan desainnya pun menarik. Topi ini pasti akan menjadi topi favoritnya.

Tas

tas-souvenir-untuk-lansia.jpg

Pilihan souvenir lainnya yang cocok diberikan untuk para lansia yakni tas. Tidak jarang para lansia yang melakukan aktivitas di luar ruangan pada pagi atau sore hari. Misalnya untuk berolahraga, sekadar jalan-jalan, mengunjungi teman, berbelanja ke pasar, membeli makanan, pergi ke perkumpulan, atau kegiatan yang lainnya. Nah, mereka pasti membawa beberapa barang bawaan saat beraktivitas, kan? Anda dapat membantunya dengan memberikan sebuah tas menarik sebagai bingkisan yang bisa dibawa setiap hari. Tas ini sangat berguna sebagai tempat untuk menaruh barang-barang bawaan.

Blouse

blouse-souvenir-untuk-lansia.jpg

Seorang lansia benar-benar memerlukan pakaian yang hangat dalam kegiatannya sehari-hari. Pakaian ini akan membantunya merasa nyaman dan tidak merasa kedinginan. Salah satu pakaian yang dibutuhkan oleh lansia yaitu blouse. Blouse merupakan salah satu pakaian yang cocok diberikan untuk para lansia. Apalagi kalau blouse tersebut dibuat dari kain rajut, blouse ini pasti akan disukai mereka. Anda dapat memberikan sebuah blouse yang desainnya menarik serta cocok dikenakan oleh lansia. Tak melulu harus blouse bergaya tradisional, bahkan blouse ala Korea pun bisa Anda pilih.

Kaos Kaki

kaos-kaki-souvenir-untuk-lansia.jpg

Pilihan lain souvenir selanjutnya yang cocok diberikan untuk para lansia yaitu kaos kaki. Sebagian besar orang lanjut usia mengenakan kaos kaki di dalam kegiatannya sehari-hari. Seolah-olah kaos kaki ini menjadi aksesori fashion yang memang wajib dipakai. Sebenarnya sih para lansia mengenakan kaos kaki bukan untuk keperluan fashion yakni meningkatkan daya tarik penampilannya, melainkan supaya kaki-kakinya terasa hangat dan nyaman. Sebuah kaos kaki yang lembut dan tebal pasti akan menjadi sebuah souvenir yang tepat diberikan kepada para lansia ini.

Jajanan

jajanan-souvenir-untuk-lansia.jpg

Tidak salah lagi, jajanan merupakan salah satu souvenir yang paling tepat diberikan untuk para lansia. Terutama aneka jajanan tradisional yang selalu dinikmati oleh para lansia ini sewaktu mereka masih muda. Sayangnya keberadaan jajanan tersebut sekarang sudah sangat langka karena kalah saing dengan jajanan modern yang berasal dari luar negeri yang memang lebih disukai oleh kawula muda. Souvenir jajanan tradisional ini pasti akan sangat mereka sukai dan mampu membangkitkan kenangan indah pada zaman dahulu. Saking senangnya mereka mendapatkan jajanan ini, bukan tidak mungkin Anda bakal ditanyai di mana tempat membelinya.

Mainan

mainan-souvenir-untuk-lansia.jpg

Souvenir berupa mainan tidak hanya cocok diberikan kepada anak-anak, tetapi para lansia pun sangat suka mendapatkannya. Apalagi kalau souvenir tersebut berupa alat permainan tradisional yang selalu mereka mainkan ketika masih kecil. Mainan-mainan akan langsung membangkitkan kenangan ini saat masih kecil. Kami jamin deh souvenir tersebut pasti akan mereka terima dengan senang hati. Bila perlu, Anda bisa memberikan sesi khusus agar para lansia ini bisa memainkan alat permainan tersebut secara bersama-sama. Suasana acara pasti bakalan semakin semarak deh.