10 Souvenir Khas Turki dan Tempat Membelinya

Kalau ingin berwisata ke Benua Asia sekaligus Benua Eropa, Anda bisa pergi ke Turki. Ya, Turki merupakan negara yang sangat unik karena terletak di dua benua. Sebagian besar wilayah di negara ini memang berada di Benua Asia. Namun beberapa di antaranya ada pula yang sudah termasuk Benua Eropa. Wah, menarik sekali bukan? Maka tak heran kalau kebudayaan di Turki pun sangat beraneka ragam.

Kalau Anda ingin mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda, memang Turki layak menjadi tujuan destinasi Anda selanjutnya. Apalagi harga paket wisata ke Turki juga terbilang cukup murah. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di negara ini. Mulai dari wahana hiburan sampai tempat wisata religi. Setelah puas berjalan-jalan di Turki, jangan lupa membeli oleh-olehnya. Anda bisa berburu souvenir yang unik di sini loh.

Di bawah ini macam-macam souvenir khas Turki yang kami rekomendasikan!

  1. Turkish Delight

souvenir-khas-turki.jpg

Apa souvenir yang wajib dibeli di Turki? Tak lain adalah turkish delight. Turkish delight merupakan manisan khas Turki yang terbuat dari buah-buahan. Ada taburan tepung kelapa dan gula bubuk di permukaannya yang membuatnya semakin lezat. Selain rasa orisinal, ada pula varian rasa unik yang dimiliki oleh turkish delight seperti mint, kayu manis, mawar, kacang, dan rempah-rempah. Harganya sendiri sekitar Rp 100.000 per 500 gram. Sebelum membeli, jangan lupa mencicipi sampelnya dulu ya!

  1. Turkish Blue Eyes

hiasan-turkish-blue-eyes.jpg

Untuk kerajinan tangan khas Turki, Anda bisa membeli turkish blue eyes. Dinamakan demikian karena kerajinan selalu dihiasi dengan satu bola mata yang berwarna biru. Unik sekali! Anda tidak mungkin bisa menemukannya di tempat lain. Turkish blue eyes hadir dalam berbagai bentuk kerajinan. Misalnya yaitu hiasan dinding, tirai jendela, lampu gantung, hiasan plafon, sampai gantungan kunci pun ada. Harganya murah kok mulai dari Rp 5-10 ribu.

  1. Turkish Apple Tea

teh-apel-turki.jpg

Kalau biasanya minuman teh itu terbuat dari daun teh yang diiris kecil-kecil, disangrai sampai matang, lalu diseduh dengan air panas. Turki mempunyai minuman teh yang sangat unik. Adalah turkish apple tea alias teh apel turki merupakan salah satu minuman yang wajib dicoba saat berwisata ke Negara Turki. Rasanya sendiri kurang lebih mirip seperti minuman teh biasa dengan rasa dan aroma khas apel di ujungnya. Nikmat sekali. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 20-30 ribu per 200 gram.

  1. Fez (Peci Merah Khas Turki)

topi-khas-turki.jpg

Saat menonton film yang berasal dari Turki, Anda akan melihat begitu banyaknya pria yang memakai topi seperti peci di Indonesia namun berwarna merah. Topi apakah itu? Namanya adalah fez. Fez merupakan topi berbentuk peci berwarna merah yang berasal dari Negara Turki. Ini merupakan salah satu buah kebudayaan asli Turki. Peci ini ada yang polos, namun ada pula yang dihiasi motif. Harganya berkisar antara Rp 30-50 ribu.

  1. Pashmina

souvenir-dari-turki.jpg

Kalau Indonesia mempunyai kain selendang, Turki juga tidak mau kalah. Negara ini memiliki pashmina sebagai kain khasnya. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan pashmina karena kain ini memang begitu populer akhir-akhir ini di negara kita. Namun sayangnya tidak sedikit pashmina yang beredar di pasaran merupakan kain tiruan. Jika ingin mendapatkan pashmina yang benar-benar asli, Anda bisa langsung membelinya di Turki. Pilihan motif yang tersedia di sini juga lebih bervariasi loh.

  1. Kopi Khas Turki

kopi-khas-turki.jpg

Beberapa petani di Turki juga membudidayakan kopi di ladangnya. Jadilah Turki pun mempunyai kopi dengan rasa dan aroma yang sangat khas. Seperti kita tahu, cita rasa kopi memang sangat dipengaruhi oleh media tanam dan kondisi di sekitarnya. Bahkan Indonesia saja memiliki bermacam-macam kopi. Khusus kopi khas Turki ini mempunyai rasa rempah-rempah yang cukup kuat. Anda bisa mencoba menikmatinya sendiri cukup dengan merogoh kocek Rp 50-100 ribu.

  1. Baklava

makanan-khas-turki.jpg

Bagi yang suka makanan manis, baklava siap memuaskan selera Anda saat datang ke Turki. Baklava adalah pastri khas Turki yang diisi dengan cokelat, lalu disiram dengan saus madu. Waduh, rasanya sampai lumer di mulut. Perpaduan antara kelembutan pastri, cokelat, dan madu akan membuat suasana hati Anda seketika menjadi begitu manis. Karena merupakan incaran para turis, baklava ini dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai kedai. Harganya sekitar Rp 200-300 ribu per loyang.

  1. Keramik Khas Turki

keramik-asal-turki.jpg.jpg

Anda yang suka mengoleksi barang pecah belah dari keramik pasti akan puas banget saat pergi ke Turki. Kenapa? Sebab di sini Anda bisa menambah koleksi keramik Anda. Turki mempunyai para pengrajin yang membuat keramik dengan motif khasnya. Motif ini berbeda dengan keramik asal China, Jepang, Korea, maupun Indonesia. Kebanyakan produk keramiknya berupa perabotan rumah tangga seperti piring, mangkuk, dan gelas. Soal harga tidak terlalu mahal kok. Untuk keramik berkualitas bagus, Anda bisa menebusnya dengan harga Rp 25 ribuan.

  1. Karpet Lantai

oleh-oleh-khas-turki.jpg.jpg

Turki dikenal sangat maju dalam industri karpet lantainya. Bahkan karpet ini menjadi salah satu produk andalan Negara Turki. Maka tak heran kalau ada begitu banyak penjual karpet di sini. Motifnya pun bermacam-macam dari yang bergaya tradisional sampai modern. Disarankan pilihlah karpet dengan motif khas Turki sehingga kesan yang didapatkan akan lebih terasa. Karpet ini akan menjadi oleh-oleh yang berguna setibanya Anda di Tanah Air nanti.

  1. Jaket Kulit

jaket-kulit-turki.jpg

Selain produk lantai, Turki juga terkenal akan produk jaket kulitnya yang berkualitas tinggi. Rata-rata jaket kulit di sini terbuat dari bahan kulit domba. Kulit tersebut lalu diolah sedemikian rupa menggunakan peralatan yang modern sampai berubah bentuk menjadi jaket yang siap pakai. Sekadar bocoran, harga jaket kulit di Turki termasuk murah untuk sekelas jaket kulit asli dengan kualitas yang sangat tinggi. Jika mau, Anda juga bisa menjualnya lagi di Indonesia.

Setidaknya terdapat 2 lokasi penting yang harus Anda kunjungi di Negara Turki untuk berburu souvenir-souvenir di atas. Di antaranya yaitu Spice Bazaar dan Grand Bazaar yang sama-sama berada di Kota Istanbul. Lokasi Spice Bazaar berada di Eminonu Quarter of The Faith District. Di sini tersedia berbagai macam makanan khas Turki, rempah-rempah, dan buah-buahan kering. Sedangkan Grand Bazaar terletak di Kompleks Kota Tua Istanbul. Barang-barang di sini didominasi oleh produk fashion dan aksesori.