10 Souvenir Khas dari Kota Medan yang Paling Otentik

Asyiknya bisa berlibur di Kota Medan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di luar Pulau Sumatera pasti sangat antusias pergi ke kota ini. Faktanya Medan merupakan kota terbesar di Pulau Andalas. Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini adalah sebuah kota yang maju. Anda akan mendapatkan pengalaman yang mengesankan saat berkunjung ke Kota Medan. Mulai dari kebudayaannya, tempat wisata, makanan yang lezat, hingga keramahannya.

Medan juga mempunyai berbagai souvenir menarik yang siap untuk Anda koleksi. Anda bisa menemukan banyak sekali produk yang unik, langka, dan lain daripada biasanya di sini yang pantas untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Apalagi bagi Anda yang memang tinggal di luar Pulau Sumatera, sebaiknya Anda menyiapkan diri dengan membawa uang saku yang cukup banyak supaya bisa membawa pulang souvenir yang banyak untuk keluarga dan teman-teman.

Di bawah ini berbagai jenis souvenir yang bisa Anda dapatkan di Kota Medan, antara lain :

  1. Bika Ambon

bika-ambon-khas-medan.jpg

Bika ambon merupakan oleh-oleh khas Medan yang paling tersohor. Meski namanya ada embel-embel kata ambon di belakangnya, tetapi ternyata penganan yang satu ini sama sekali bukan berasal dari Kota Ambon, melainkan Kota Medan. Bika ambon ialah kue tradisional yang terbuat dari tepung tapioka, gula, telur, air nira, dan santan. Rasa dari bika ambon ini manis, gurih, dan lembut di mulut. Bika ambon ini cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan selama 4-5 hari.

  1. Pancake Durian

pancake-durian-khas-medan.jpg

Kota Medan dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian di Indonesia. Ada begitu banyak olahan buah durian yang bisa Anda temukan di sini. Salah satunya yaitu pancake durian. Di mana lagi Anda bisa mendapatkan pancake dengan rasa durian jika bukan di Medan? Pancake durian terbuat dari dadar galang yang diisi dengan daging buah durian. Kurang lebih mirip seperti semar mendem atau lumpia khas Jawa Tengah, namun dengan isian yang berbeda.

  1. Kain Ulos

kain-ulos-khas-medan.jpg

Siapa bilang kalau Medan tak punya kain tradisional? Anda bisa memperoleh kain ulos di sini. Kain ulos adalah kain khas Medan yang memiliki bentuk menyerupai selendang. Motif dan proses pembuatan kain ini berbeda dari kain batik atau kain songket. Inilah yang membuat kain ulos begitu istimewa. Masyarakat Medan biasanya memakai kain ini saat menghadiri acara pernikahan, upacara adat, hingga proses penyambutan tamu. Mumpung Anda sedang di Medan, jangan lupa membeli kain ulos.

  1. Sirup Markisa

sirup-markisa-khas-medan.jpg

Selain buah durian, Kota Medan juga dikenal sebagai penghasil buah markisa. Seperti kita tahu, buah markisa memiliki rasa yang begitu masam. Sehingga kurang nikmat bila kita menikmatinya secara langsung. Di Medan, buah markisa ini biasa diolah menjadi sirup yang sangat menyegarkan. Rasa masam dan manis dari sirup markisa ini mampu mengatasi rasa haus dan dahaga Anda. Bayangkan Anda meminum segelas es sirup markisa di siang hari bolong yang panas? Rasanya pasti nikmat sekali.

  1. Teri Nasi

teri-nasi-khas-medan.jpg

Di Medan Anda juga bisa mendapatkan aneka produk seafood. Tersedia berbagai produk makanan laut di sini seperti ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, gurita, siput, dan kerang. Adapun yang paling khas adalah teri nasi. Berbeda dengan ikan teri biasa yang memilik ukuran sepanjang korek api, ukuran ikan teri nasi ini cuma sekitar 10-15 mm. Teri nasi mempunyai cita rasa yang sangat gurih. Anda bisa memasaknya dengan cara ditumis, diolah menjadi keripik, atau dimasak bersama nasi goreng.

  1. Kopi Sidikalang

kopi-khas-medan.jpg

Jika Aceh mempunyai kopi khas daerahnya bernama kopi gayo, Medan juga tidak mau kalah. Kopi khas Medan biasa disebut kopi sidikalang karena memang asalnya dari wilayah Sidikalang. Sidikalang merupakan dataran tinggi di Kota Medan yang terletak pada ketinggian 1.472 m dpl sehingga cocok sekali ditanami tanaman kopi. Kopi khas Sidikalang mengandung kafein yang cukup tinggi sehingga cita rasanya termasuk kuat. Bagi Anda yang hobi meminum kopi wajib mencobanya.

  1. Manisan Jambu Biji

manisan-jambu-biji-medan.jpg

Ternyata bukan hanya Kota Bogor saja yang mempunyai manisan, sebab Kota Medan pun memilikinya. Manisan khas Medan yaitu manisan jambu biji. Ini merupakan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Jarang sekali kita bisa menemukan manisan yang terbuat dari buah jambu biji, kan? Selain memiliki rasa yang enak tentunya, manisan jambu biji pun bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Ikan Sale

ikan-sale-khas-medan.jpg

Oleh-oleh khas lainnya dari Medan yakni ikan sale. Ikan sale merupakan olahan ikan yang diasapi sampai matang. Proses pengasapan membuat rasa daging ikan tersebut menjadi semakin gurih serta memiliki rasa sangit-sangit enak. Biasanya ikan sale di Medan dibuat dari ikan lele. Cara memasak ikan sale ini gampang sekali. Anda bisa memasaknya menjadi gulai, menggunakan kuah santan, atau menggoreng dan memberi bumbu sambal kecap.

  1. Lemang

lemang-khas-medan.jpg

Ketika di daerah Jawa, Anda dapat menemukan penganan bernama lontong yakni nasi yang dibentuk bulat panjang dan dibungkus menggunakan daun pisang. Nah di Medan, Anda bisa menjumpai penganan yang mirip sekali dengan lontong bernama lemang. Namun Anda jangan salah sangka dulu. Meskipun memiliki bentuk yang mirip sekali dengan lontong, tetapi bahan baku dan rasanya berbeda. Lemang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan santan dan garam hingga setengah matang. Setelah itu, adonan ketan ini dibungkus memakai daun pisang. Lalu direbus lagi sampai matang sempurna.

  1. Lapis Legit

lapis-legit-khas-medan.jpg

Lapis legit adalah makanan tradisional khas Medan yang mendapatkan pengaruh dari Belanda. Penganan ini berbentuk kue yang memiliki cita rasa manis dan gurih dengan tekstur yang legit seperti namanya. Kue lapis legit mempunyai beberapa lapisan dengan warna yang berbeda-beda. Selain rasa yang otentik, sekarang lapis legit juga tersedia dalam variasi rasa yang lebih modern seperti cokelat, keju, strawberry, kacang, dan lain-lain. Bahkan kini juga tersedia lapis legit dengan topping yang lezat.