10 Kuliner yang Paling Khas dari Temanggung

Daerah Temanggung di Jawa Tengah memiliki pesona alam yang sungguh asri. Maklum saja, kabupaten ini berada di dataran tinggi. Anda bebas menikmati udara yang segar dan sejuk di sini berkat area perkebunan di seluruh penjurunya. Sejauh mata memandang, jajaran pohon tumbuh subur tinggi menjulang. Dominasinya tentu saja adalah pohon cengkih, tembakau, jambu biji, dan jagung. Bagi yang tinggal di perkotaan, Anda akan puas berjalan-jalan di sini.

Setelah menikmati keindahan panorama alam di Temanggung, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Sebagai Kota Bersenyum, Temanggung siap menyambut kedatangan Anda untuk berwisata di sini sampai akhir. Tidak hanya menyuguhkan wahana wisata yang menarik, tapi kabupaten ini juga mempunyai beragam souvenir unik dan berkesan yang bisa Anda beli. Anda dapat menggunakannya sebagai buah kenangan dari perjalanan Anda.

Kami mempunyai 10 rekomendasi makanan khas daerah yang wajib Anda beli apabila pergi ke Temanggung.

Jambu Biji

jambu-biji-khas-temanggung.jpg

Saat pergi ke Kabupaten Temanggung, Anda akan menemukan pohon jambu biji yang banyak ditanam di area perkebunan. Jambu-jambu ini tumbuh subur dengan buah yang begitu lebat di setiap dahannya. Jangan cuma melihatnya saja ya. Anda juga bisa membeli buah jambu biji ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Untuk mendapatkan harga yang miring, kami sarankan Anda membelinya langsung dari petani. Harganya pasti lebih murah daripada di pasar.

Sego Gono

sego-gono-khas-temanggung.jpg

Sego gono adalah nasi campur yang khas dari Daerah Temanggung. Berbeda dengan nasi campur lainnya yang dicampur ketika semua makannya sudah matang. Nasi gono ini dicampur saat semua bahan-bahannya masih mentah. Jadi semua bahan makanan ini dimasak bersama-sama. Selain beras sebagai bahan utamanya, biasanya ditambahkan pula buncis, kol, lembayung, dan tempe. Tak lupa parutan kelapa dan ikan teri turut dimasukkan untuk menambah cita rasanya.

Jangan Lombok

jangan-lombok-khas-temanggung.jpg

Jangan lombok ini merupakan menu makanan yang khas banget dari Temanggung. Jika dalam bahasa indonesia, jangan lombok artinya sayur cabai. Benar sekali, masakan ini memakai cabai sebagai bahan utamanya. Bukan sebagai bumbu, melainkan cabai tersebut digunakan sebagai isi utama masakan. Potongan-potongan cabai yang masih segar kemudian dimasak lodeh menggunakan santan. Rasanya sudah pasti pedas bercampur gurih. Bagi Anda yang memang doyan masakan pedas, jangan lombok ini wajib dicoba.

Tempong

sayur-lodeh-tempe-semangit.jpg

Masakan lodeh lainnya yang juga menjadi ciri khas dari Kabupaten Temanggung yaitu tempong. Tempong menggunakan tempe semangit sebagai bahan dasarnya. Apa itu tempe semangit? Tempe semangit adalah tempe yang sudah dibiarkan selama beberapa hari supaya proses fermentasinya terus berjalan. Tempe semangit ini memiliki rasa dan aroma yang menyengat, berbeda dengan tempe yang masih fresh. Di sinilah letak kekhasan dari tempong. Tempong adalah lodeh tempe semangit yang menggunakan bumbu cabai, bawang putih, kencur, dan kemangi.

Lento/Entho

lento-entho-khas-temanggung.jpg

Kalau Anda mencari jajanan khas Temanggung, lento ini menjadi rekomendasinya. Lento ialah makanan ringan yang terbuat dari singkong. Cara membuatnya yaitu singkong yang sudah direbus kemudian ditumbuk sampai halus, lalu dicampur tepung dan kedelai. Aduklah sampai terbentuk adonan yang tercampur rata. Setelah itu, adonan dibentuk bulat dan digoreng. Lento memiliki cita rasa yang gurih. Tekstur luarnya renyah dengan tekstur lembut di bagian dalamnya.

Perkedel Kimpul

makanan-khas-temanggung-perkedel.jpg

Kabupaten Temanggung memiliki tanah yang sangat subur. Masyarakat setempat sering menanam kimpul (talas) di area pinggir pada lahannya. Salah satu makanan olahan dari kimpul yaitu perkedel kimpul. Jika biasanya perkedel terbuat dari kentang, tetapi di Temanggung, ada pula perkedel yang terbuat dari kimpul. Sedangkan cara pembuatannya sama saja. Perkedel kimpul paling enak dinikmati sebagai camilan saat pagi hari sebagai teman minum teh.

Jali

ketan-jali-khas-temanggung.jpg

Jali merupakan tanaman biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian (Poaceae). Tanaman ini berasal dari Asia Timur dan Malaya, tetapi sekarang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Termasuk di Temanggung pun Anda bisa menemukan jali. Sekilas jali ini mirip seperti beras ketan karena teksturnya sama-sama lengket. Namun ukuran biji jali lebih besar. Dalam penyajiannya, jali direbus kemudian disiram dengan santan, gula jawa, dan parutan kelapa.

Kipo

kipo-kuliner-khas-temanggung.jpg

Makanan selanjutnya yang hanya bisa Anda temukan di Daerah Temanggung yaitu kipo. Kipo adalah kue khas Temanggung yang terbuat dari tepung beras. Cara membuatnya yaitu tepung beras dicampur air secukupnya sampai terbentuk sebuah adonan yang kalis. Ambil sejumput adonan, lalu letakkan di atas daun pisang. Tambahkan adonan pengisi dari parutan kelapa dan gula jawa. Kemudian tambahkan adonan tepung lagi. Setelah itu, daun pisang dibungkus rapat. Selanjutnya penganan ini dibakar sampai matang.

Bajingan Singkong

bajingan-singkong-temanggung.jpg

Ada makanan khas lain dari Temanggung yang menggunakan singkong sebagai bahan baku utamanya. Namanya adalah bajingan. Untuk membuat bajingan, Anda perlu merebus umbi singkong terlebih dahulu sampai matang. Kemudian singkong rebus ini direbus lagi dengan kuah santan dan gula jawa. Hal ini akan membuat rasa singkong rebus menjadi manis dan gurih dengan tekstur yang lebih legit. Anda pasti akan menyukainya.

Ketan Kacang

ketan-kacang-khas-temanggung.jpg

Kuliner khas lainnya yang berasal dari Temanggung yaitu ketan kacang. Masyarakat setempat juga sering menyebutnya dengan nama ketan gudig. Saat ini kuliner ketan kacang termasuk sudah langka. Sekilas bentuknya menyerupai sajian gemblong. Perbedaannya yaitu ketan kacang juga menggunakan kacang gelandang sebagai bahan tambahannya. Hal ini membuat cita rasa ketan kacang memiliki rasa gurih yang lebih kuat dengan tekstur yang lezat di setiap gigitannya.